TANGSELIFE.COM– Pembelian hewan kurban meningkat jelang Idul Adha 1444 Hijriah/2203 Masehi yang tinggal menghitung hari.

Banyak masyarakat belum begitu paham membeli hewan kurban yang sehat dan layak disembelih saat Hari Raya Idul Adha nanti.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang membagikan sejumlah tips untuk warga yang ingin membeli hewan kurban tersebut.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang Asep Jatnika mengatakan pertama yang harus diperhatikan saat membeli hewan kurban adalah kesehatan.

Pasalnya, memilih hewan kurban yang sehat jadi syarat utama untuk bisa disembelih saat Hari Raya Idul Adha nanti.

“Untuk kesehatan hewan kurban di Kabupaten Tangerang telah kami vaksinasi untuk menghindari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD),” terangnya Selasa, 20 Juni 2023.

Asep juga mengatakan, hewan kurban yang dijual di Kabupaten Tangerang sudah diberi tanda khusus kalau hewan tersebut sehat.

Adapun tanda yang diberikan pada hewan kurban oleh DPKP Kabupaten Tangerang untuk sapi diberikan eartag atau tanda pada kupingnya.

Sedangkan untuk kambing dan domba tanda sehat yang diberikan oleh DPKP Kabupaten Tangerang berupa kalung.

“Selain itu, warga juga harus menanyakan asal hewan kurban. Penjual juga harus bisa menunjukkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” paparnya juga.

Selain itu juga, Asep mengatakan kalau lapak penjual hewan kurban wajib mengurus perizinan ke lurah dan ke camat setempat.

Asep menyebutkan saat ini terdapat 418 lokasi lapak hewan kurban di Kabupaten Tangerang yang tersebar di 29 kecamatan.

Adapun petugas pemeriksa yang diterjunkan untuk memeriksa hewan kurban sebanyak 100 orang untuk memeriksa 418 lokasi lapak.

Asep juga mengatakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban telah dilaksanakan sejak 20 Juni 2023 sampai dengan 28 Juni 2023 nanti.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan penanganan hewan kurban di tempat pemotongan hewan kurban dengan target 876 titik di seluruh Kabupaten Tangerang.

Tanda Hewan Kurban Sehat yang Layak Disembelih

  1. Hewan kurban terlihat aktif.
  2. Nafsu makan hewan kurban baik.
  3. Rambut atau bulu hewan kurban tidak kusam.
  4. Cermin hidung basah.
  5. Mata hewan kurban bersinar.
  6. Mulut, hidung dan anus hewan kurban bersih.
  7. Hewan kurban tidak terjadi kecatatan seperti telinga rusak, ekor terpotong dan testis tidak lengkap.
  8. Kaki dan kuku hewan kurban tidak rusak atau korengan