TANGSELIFE.COM – Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) seksi Nagrak – Cibitung resmi dibuka mulai hari ini, Kamis 4 April 2024.

Tol Cimanggis-Cibitung merupakan salah satu jalan tol baru yang dioperasikan fungsional pada masa mudik Lebaran 2024.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung dioperasikan secara fungsional sepanjang 19,65 KM dengan 1 jalur dan 1 arah.

Jadwal Operasional Tol Cimanggis-Cibitung

Untuk arus mudik, tol Cimaci dari arah Nagrak menuju Cibitung akan dibuka mulai tanggal 4 hingga 11 April 2024.

Sementara untuk arus balik, tol Cimaci akan beroperasi dari Cibitung menuju Nagrak mulai tanggal 12 sampai 16 April 2024. 

“Jalur fungsional dibuka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB,” Direktur PT Waskita Toll Road (WTR) Daniel Firgerald Liman, Kamis 4 April 2024.

“Berlaku khusus untuk kendaraan kecil seperti sedan, jeep dan mini bus,” jelas Daniel.

Selama pengoperasian fungsional, seluruh akses gerbang tol difungsikan untuk keluar masuk jalan tol.

Terkecuali, gerbang tol Setu Utara hanya dapat digunakan untuk akses keluar tol. 

Dengan dioperasikanya Jalan Tol Cimaci pada Seksi Nagrak – Cibitung, kepadatan lalu lintas dapat dipecah hingga mengurangi waktu tempuh yang semula 60 menit menjadi 30 menit.

Tol Cimaci, tol Cimanggis-Cibitung
Tol Cimaci membuat Tol JORR 2 tersambung penuh. Dok. BPJT KPUPR

Dalam mendukung kelancaran mudik lebaran tahun ini, jalan tol Kayuagung–Palembang–Betung (Kapal Betung juga akan beroperasi fungsional. 

“Kami telah mempersiapkan segmen dan seksi yang akan difungsionalkan agar dapat dilalui sementara oleh pengguna jalan serta rekayasa lalu lintas untuk memecah kepadatan lalu lintas di titik tertentu,” kata Daniel.

Jalan Tol Kapal Betung akan dibuka jalur fungsional situasional 1 arah pada segmen Musi Landas-Pangkalan Balai sepanjang 22 KM.

Jalur ini akan dibuka khusus bagi kendaraan golongan 1 mulai pada 5 sampai dengan 15 April 2024. 

“Pembukaan jalur fungsional situasional ini hanya berlaku pada pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dan berlaku gratis tanpa tarif,” jelas Daniel.

Dengan dioperasikan secara fungsional Jalan Tol Kapal Betung segmen Musi Landas–Pangkalan Balai, diharapkan dapat memecah kepadatan lalu lintas di jalan nasional.