TANGSELIFE.COM- Tol Jakarta-Tangerang melakukan uji coba perubahan jalur contraflow khususnya menjelang Underpass Tomang, Jakarta Barat.

Uji coba itu dilakukan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) atas diskresi kepolisian mengubah perubahan jalur contraflow tersebut.

Perubahan uji coba contra flow di Tol Jakarta-Tangerang itu dilakukan guna mengurai kepadatan lalu lintas yang kerap kali terjadi di lokasi itu.

Tol Jakarta-Tangerang
Rute pengalihan arus contraflow yang akan diterapkap PT Jasa Marga di Tol Jakarta Merak pada Kamis, 20 Juli 2023 pukul 06.00-08.30 WIB nanti.

Pgs Senior Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Aprimon mengatakan uji coba perubahan lajur contraflow ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. 

“Kegiatan ini dilaksanakan di Tol Jakarta-Tangerang mulai Kamis, 20 Juli 2023 pukul 06.00-08.30 WIB,” terangnya dalam keterangan resmi, Selasa, 17 Juli 2023.

Dia juga mengatakan sebelumnya contraflow mulai dari KM 03+400 sampai dengan Jalan Biak tapi sekarang diubah.

“Perubahan contraflow itu dimulai dari KM 03+400 sampa dengan setelah Underpass Tomang,” terangnya juga.

Pelaksanaan uji coba perubahan lajur contraflow di Tol Jakarta-Tangerang ini diharapkan bisa memperbaiki laju kendaraan dan meningkatkan waktu tempuh perjalanan.

Selain itu juga, perubahan lajur contraflow ini untuk menertibkan lalu lintas dan pada akhirnya dapat memperlancar arus lalu lintas.

Hasil Uji Coba Perubahan Lajur Contraflow di Tol Jakarta-Tangerang Bakal Jadi Permanen

Dia juga mengatakan hasil uji coba perubahan jalur contralfow di Tol Jakarta-Tangerang ini akan jadi bahan evaluasi.

Nantinya, akan diberlakukan secara permanen jika terbukti bisa mengurai kepadatan lalu lintas di jalan bebas hambatan tersebut.

“Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung, pengguna jalan diimbau agar tetap berhati-hati dan tertib melintas di lajurnya,” paparnya juga.

Selain itu juga, kata Aprimon juga, pengendara yang melintasi lokasi uji coba pengalihan contra flow memperhatikan rambu-rambu yang ada.

“Pengguna jalan kami minta mengikuti arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya saat melintas di lokasi,” tandasnya.

Bila menghadapi kendala, Apromon meminta pengendara menghubungi Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.