TANGSELIFE.COM – Rute layanan transportasi Transjakarta mengalami penyesuaian imbas berlangsungnya demo buruh di Istana Kepresidenan dan Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 10 Agustus 2023.

Penyesuaian layanan transportasi TransJakarta diberlakukan selama demo buruh yang diperkirakan diikuti 3000 buruh itu berlangsung.

Karena itu, para pengguna transportasi TransJakarta sebaiknya mengetahui rute penyesuaian layanan yang berlaku saat demo buruh.

Hal itu agar para pengguna transportasi Transjakarta tidak kaget saat akan menuju halte-halte di sekitar Istana Kepresidenan dan Gedung Mahkamah Konstitusi.

Penyesuaian Layanan Transportasi Transjakarta

Selain untuk kendaraan pribadi, jalur layanan transportasi Transjakarta pun mengalami penyesuaian imbas adanya demo buruh di depan Istana Kepresidenan dan Gedung Mahkamah Konstitusi.

Sejumlah rute Transjakarta yang mengalami penyesuaian layanan yakni:

1. Blok M-Kota (Koridor 1)

Penyesuaian trasnportasi Transjakarta menuju arah Kota, sehingga tidak melayani Halte Monas dan Bank Indonesia, arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihan:

Blok M – Sarinah – lampu merah Sarinah keluar jalur -lampu merah Bank Indonesia belok kiri – Jalan Kebon Sirih – Hotel Millenium belok kiri – Jalan Fachrudin – Jati Baru Lurus – Jalan Cideng Barat – lampu merah Tarakan belok kanan – Halte Petojo – lampu merah Harmoni belok kiri – Harmoni – Kota

2. Pantai Maju-Balaikota (1A)

Pengalihan rute untuk arah Pantai Maju mengalami pengalihan rute untuk sehingga tidak melayani Halte Balaikota, arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihan:

Jalan Medan Medeka Selatan – Jalan Medan Merdeka Timur – belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Utara(depan istana) – belok kanan menuju lampu merah Harmoni.

3. Monas-Pulogadung (Koridor 2)

Pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balai Kota dan Gambir 2, arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihan:

Dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni – putar balik balik arah Juanda – via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan

4. Pulogadung-Rawabuaya (2A)

Pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balai Kota dan Gambir 2, arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihan:

Dari Halte Pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni – putar balik balik arah Juanda – via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

5. Kalideres – Juanda (Koridor 3)

Pengalihan rute untuk kedua arah.

Rute pengalihan:

– Arah Juanda

Kalideres – Sumber Waras – Cideng – Petojo – Lampu merah Harmoni – Juanda

– Arah Kalideres

Juanda – Lampu merah Harmoni – Lurus Petojo – Cideng – Sumber Waras – Kalideres

6. PGC-Juanda (Koridor 5)

Pengalihan rute pada kedua arah sehingga tidak dapat melayani pelanggan untuk sementara pada halte Balaikota dan Monas.

Rute pengalihan:

– Arah Juanda

PGC – Pal putih – kwitang – tugu tani – lurus gambir 1 – Istiqlal – Juanda – Pecenongan putar balik.

– Arah PGC

Pecenongan – Juanda – lurus lampu merah almabar – Budi Utomo – PGC

Disamping pengalihan rute transportasi Transjakarta, beberapa pengalihan arus lalu lintas bagi kendaraan pribadi juga diberlakukan.

Polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin) di kawasan Jalan Medan Merdeka menuju ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Beberapa titik pengalihan arus lalu lintas yang diterapkan TMC Polda Metro Jaya diantaranya:

1. Lalin arah menuju jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Medan Merdeka Selatan.

2. Lalin arah Tugu Tani menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).

3. Lalin arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Medan Merdeka dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.

4. Lalin menuju Jalan Veteran 1, 2, dan 3 dialihkan ke Jalan Suryopranoto atau Jalan Gajah Mada.

5. Lalin menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

6. Lalin menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan.

rekayasa lalu lintas demo buruh
rekayasa lalu lintas saat demo buruh 10 Agustus 2023