TANGSELIFE.COM– Sebuah truk tanah terguling di Tanjakan Jombang Kramat, Jembatan Rawa Lele, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, Senin 30 Mei 2023 pagi.

Kecelakaan lalu lintas tunggal truk pembawa muatan penuh tanah dan batu terguling itu sekitar pukul 10.49 WIB.

Menurut keterangan kenek truk, kecelakaan itu terjadi karena menghindari motor Tossa yang mogok di tengah jalan.

Truk tanah terguling
Kenek truk tanah B 9836 DC yang terguling di Tanjakan Jombang Kramat, Jembatan Rawa Lele, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, membantu mengatur arus lalu lintas. Foto: Tim Tangselife.

“Awalnya truk lagi jalan pelan karena membawa muatan tanah dan batu. Saat lagi nanjak pelan, tiba-tiba ada motor Tossa mogok di tengah jalan,” terangnya.

Karena harus mengerem mendadak, sopir truk langsung membanting stir ke kanan. Tapi tindakan itu fatal karena membuat truk dengan nomor polisi B 9836 DC itu langsung terguling.

Sebelum terguling truk yang tidak kuat menanjak karena membawa beban berat itu sempat turun dan akhirnya terbalik. Lokasi truk terguling itu memakan setengah badan jalan.

“Untung saat kejadian kondisi lalu lintas tidak terlalu ramai. Karena itu truk yang terguling tidak menimpa kendaraan lain yang ada di dekatnya,” terang kenek itu juga.

Akibat tergulingnya truk itu membuat kondisi lalu lintas di Jembatan Rawa Lele baik mengarah ke Jombang maupun ke arah Serpong mengalami kemacetan.

Lantaran, kendaraan harus jalan bergantian satu persatu untuk melintas karena adanya truk terguling di pinggir jalan yang mengarah ke Jombang tersebut.

“Sekarang lagi nunggu datangnya teman-teman untuk mengeluarkan tanah dari dalam truk. Muatan dikeluarkan dulu baru nanti truk dievakuasi,” ujar kenek itu lagi.

Pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tangerang Selatan sudah dilaporkan tentang peristiwa tergulingnya truk bermuatan tanah tersebut.

Kini penanganan truk terguling itu akan dilakukan petugas Satlantas Polres Tangerang Selatan yang kemungkinan menggunakan mobil derek atau crane untuk membalikkan posisi truk.