TANGSELIFE.COM– Baru-baru ini tulisan tangan Steve Jobs terjual miliyaran rupiah di rumah lelang RR Auction.

Lelangan tulisan tangan Steve Jobs dengan harga fantastis ini berisikan draft iklan komputer pertama Apple, yakni Apple-I.

Tulisan tangan pada selembar kertas itu terjual seharga 175.759 dollar AS atau Rp 2,6 miliyar mencakup draft kasar iklan yang menuliskan spesifikasi mesin yang digunakan Apple-I.

Informasi mengenai komputer Apple-I itu tercantum mulai dari RAM, software yang dijalankan, spesifikasi papan komputer, dan lain sebagainya.

” Apple Computer-I, menggunakan (mikroprosesor) 6800, 6501,6502 (direkomendasikan 6501 dan 6502 karena kami memiliki basis dasarnya,” salah satu kalimat spesifikasi yang ditulis Steve Jobs.

Selain itu, pada tulisan tangan di draft iklan itu tertulis harga Apple-I senilai 75 dollar AS atau sekitar Rp 1.14 jutaan.

Setelah menuliskan spesifikasi dan harga komputer Apple-I, Steve Jobs juga menandatangani draft itu dengan tulisan nama “steve jobs” menggunakan huruf kecil

Tercantum juga dalam tulisan tangan itu alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Dikethaui bahwa alamat yang tertulis “11161 dr., Los Altos, Ca 94022”, merupakan tempat tinggal orangtua Steve Jobs yang menjadi kantor pusat pertama perusahaan Apple.

Keaslian Tulisan Tangan Steve Jobs yang Laku Miliyaran Rupiah Sudah Terverifikasi.

Untuk keaslian dari tulisan tangan Steve Jobs yang ada di kertas tersebut sudah terverifikasi.

Hal ini diungkapkan oleh seorang Pakar Apple 1 Corey Cohen yang menyebutkan bahwa, spesifikasi komputer yang tertulis di draft tersebut sangat cocok dengan iklan asli Apple-I yang diterbitkan Interface Magazine pada Juli 1976.

Iklan yang dipublikasikan menampilkan dua gambar foto polaraoid dari mesin yang digunakan Apple-I yang difoto di The Byte Shop, Mountain View, California.

Foto pertama menyertakan papan komputer Apple-I yang dirakit dengan keyboard serta menyertakan juga monitor.

Sedangkan, pada foto kedua menampilkan layar komputer Apple-I dengan tampilan program Apple Basic.

Dari foto tersebut juga ditambahkan informasi dari Steve Jobs dengan memakai pensi yang bertulis ‘foto blur (buram) karena kamera goyang’.

Asal Tulisan Tangan Steve Jobs.

Diketahui orang yang menjual tulisan tangan draft iklan Steve Jobs ini adalah seorang teman dekat yang tidak mau diketahui nama adan asalnya.

Dari draft tersebut dapat diketahui fase pengembangan dari Apple-I sampai perangkat tersebut akhirnya diiklankan.

Lalu, Steve Jobs juga menyertakan dua foto polaraoid dengan potret komputer Apple-I dan layar Apple-1 Basic.

Selain itu, juga tertulis salinan dari ikan yang dibuatnya menjadi salah satu barang kenang-kenangan.

Teman dekat Steve Jobs memaparkan bahwa, selama pembuatan Apple-I dirinya mengunjungi Steve beberapa kali pada saat Natal 1975, liburan musim semi dan musim panas tahun 1976.

Pada saat itu teman dekata Steve ini selalu melihat komputer yang diuji dalam kotak di garasi.

Bahkan, ia mengaku mendapat tawaran langsung dari Steve berupa papan kosong yang telah ditulis tangan dan dijual seharga Rp 1,14 juta.

Hubungan Steve Jobs dan temannya ini masih sangat baik, bahkan hingga perusahaan Aplle telah berdiri.

Pertemuan terakhir untuk keduanya berhenti di bulan Juni 2011, dan pada bulan Oktober di tahun yang sama , Steve Jobs meninggal dunia akibat kanker pankreas.

Ini bukan yang pertama kali menjadi barang sejarah buatan Apple yang lku terjual di rumah lelang, sebab sebelumnya juga sempat terjadi.

Salah satunya adalah Komputer Apple-I yang ditandatangani oleh salah satu pendiri Apple yakni Steve Wozniak yang terjual sekitar 223.520 dollar AS atau setara Rp 3,4 miliyar.

Lalu, ada barang lain yang juga laku dijual yaitu selembaran cek dari komputer Apple tahun 1976 yang ditandatangani Steve dan Wozniak yang terjual sampai dengan Rp 2.06 miliyar.