TANGSELIFE.COM – Calon Presiden RI Prabowo Subianto diberi ucapan selamat oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Prabowo menerima surat Joe Biden dari Duta Besar AS untuk ASEAN, Yohannes Abraham.

Melalui surat resminya, Joe Biden menyampaikan ucapan selamat atas unggulnya Prabowo Subianto dalam real count Pilpres 2024.

Surat yang dikirimi Joe Biden tertanggal 12 Maret 2024 itu lantas dibagikan Prabowo di akun media sosial Instagram miliknya, Kamis 14 Maret 2024.

“Dear Tuan Menteri,” tulis kalimat pembuka surat dari Biden untuk Prabowo.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat untuk rakyat Indonesia atas sukses pemilu -sebuah bukti atas komitmen bersama kita terhadap demokrasi- dan selamat atas keunggulan Anda di penghitungan pilpres.”

“Saya menanti pengumuman resminya,” tutur Biden.

Pesan Joe Biden ke Prabowo: Kita Lebih Kuat Ketika Bersama

Biden mengatakan bahwa Indonesia dan AS telah berhubungan erat selama 75 tahun, di mana muncul nilai bersama, demokratis, dan pandangan plural untuk dunia.

“Bersama kita bisa menjaga kestabilan internasional, termasuk membentengi masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, prospek, dan aman,” kata Biden.

“Kemitraan Anda sebagai Menteri Pertahanan amat penting atas upaya ini.”

“Saya menanti penguatan ikatan negara kita lebih erat lagi sekaligus mewujudkan kerja sama Kemitraan Komprehensif Strategis dan mengeksplorasi aspek baru dalam kerja sama,” lanjutnya.

Dalam suratnya itu, Biden pun mengingatkan bahwa Indonesia dan AS akan lebih kuat selama mereka bergandengan tangan.

“Kita lebih kuat dan dunia lebih aman ketika Indonesia dan Amerika Serikat berdiri bersama,” kata Biden lagi.

Sebagai penutup, Biden kembali memberi selamat untuk Prabowo sekaligus menuturkan harapan bagi kedua negara ke depan.

“Mohon terima ucapan selamat dari saya dan semoga tahun-tahun ke depan ditandai dengan perdamaian, prospek, serta kemajuan untuk rakyat kedua negara,” tutup Biden.

surat Joe Biden
surat Joe Biden untuk Prabowo. Foto: Instagram @prabowo

Disurati resmi oleh Biden, Prabowo mengaku merasa sangat terhormat.

“Saya amat terhormat menerima surat ucapan selamat dari Presiden Amerika Serikat, Yang Mulia Joe Biden, atas keunggulan perolehan suara di pemilihan presiden,” tulis Prabowo.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar AS untuk ASEAN, Yang Mulia Yohannes Abraham, karena mengirimkan langsung surat itu,” lanjutnya.

“Kita akan tetap komitmen memperkuat ikatan historis antara kedua negara melalui kerja sama yang lebih erat, di tengah perayaan hubungan persahabatan Indonesia dan Amerika Serikat selama 75 tahun,” pungka Prabowo.