TANGSELIFE.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan (Tangsel), Alin Hendalin Mahdaniar mengungkapkan gejala orang yang terserang virus cacar monyet atau monkeypox (Mpox).

Alin mengatakan, orang yang terserang virus cacar monyet mengalami gejala mirip dengan penyakit cacar air.

“Gejalanya antara lain sakit kepala, demam akut lebih dari 38,5 Celsius, ruam akut, nyeri otot, sakit punggung, kelemahan tubuh serta ditemukan pembengkakan pada kelenjar getah bening,” kata Alin, Selasa, 3 September 2024.

Ia menyebut virus Mpox dapat menular dari manusia ke manusia, sehingga patut diwaspadai oleh seluruh masyarakat.

Namun pasien yang terkonfirmasi positif virus cacar monyet hanya dapat dilakukan pemeriksaan laboratorium di antaranya menggunakan uji Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Monkeypox biasanya merupakan penyakit yang sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung dari dua hingga empat minggu, namun dapat berkembang menjadi berat hingga kematian,” terangnya.

Alin pun mengimbau masyarakat yang mengalami gejala seperti penyakit monkeypox agar segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas layanan kesehatan yang ada di Kota Tangsel.

Ia memastikan Rumah Sakit (RS) milik pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel saat ini dipastikan siap untuk melakukan perawatan terhadap pasien monkeypox.

“Kami sudah memberikan pedoman pencegahan dan pengendalian penyakit monkeypox bagi tenaga kesehatan.”

“Untuk penanganan pasien monkeypox selain diberikan pengobatan dengan terapi suportif dan simtomatis, pasien akan diisolasi bisa dengan isolasi mandiri maupun Rumah Sakit,” ungkapnya.

“Pasien monkeypox akan sembuh sendiri manakala tidak ada infeksi tambahan atau tidak ada komorbid yang berat yang dapat memperberat kondisi pasien,” pungkas Alin.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Editor
Andre Pradana
Reporter