TANGSELIFE.COM– Pencinta bulu tangkis dikejutkan dengan kabar Kevin Sanjaya pensiun dini dan memilih mundur dari Pelatnas PBSI.

Kevin memutuskan untuk pensiun setelah dua bulan lalu mantan pasangannya, Marcus Gideon juga mengumumkan “gantung raket” dan ini artinya Duet Minions resmi berakhir.

Atlet berusia 28 tahun tersebut telah memberikan pemberitahuan lisan sejak awal April kepada Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres), Ricky Soebagdja terkait dirinya yang akan hengkang dari Pelatnas PBSI.

Dilihat dari akun instagram pribadi suami dari Valencia Tanoesoedibjo tertulis jelas apa alasan Kevin Sanjaya pensiun dini.

Selain itu, dalam postingan yang diunggah Kevin Sanjaya pada 16 Mei 2024 tersebut, ia juga mengungkapkan terima kasih dan permohonan maaf untuk para pendukungnya terkait keputusannya tersebut.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini. Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini” tulis Kevin Sanjaya.

Lantas, Apa Alasan Kevin Sanjay Pensiun Dini dari Bulu Tangkis?

1. Cedera

Salah satu alasan Kevin Sanjaya pensiun dari bulu tangkis adalah karena cedera bahu yang dideritanya sejak 2017.

Diketahui sejak saat itu, cedera yang diderita Kevin ini tidak kunjung membaik 100 persen dan ditambah dengan cedera yang dialami Marcus Gideon.

Hal ini menjadi alasan utama mengapa Kevin Sanjaya akhirnya mantap untuk memilih pensiun dini.

“Di mulai dari cidera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Di tambah, partner saya cidera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke olimpiade 2024” tulisnya pada akun instagram @kevin_sanjaya.

2. Tidak cocok dengan partner

Cedera yang dialami Marcus ini tidak lantas membuat Kevin Sanjaya langsung meninggalkan bulu tangkis.

Pasalnya, PBSI sempat memasangkan Kevin dengan Rahmat Hidayat, namun duet tersebut dirasa kurang cocok karena keduanya merupakan sama-sama pemain depan.

“saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan” tulis Kevin Sanjaya.

3. Merasa Digantung PBSI

Alasan terakhir Kevin Sanjaya pensiun dini dan meninggalkan Pelatnas PBSI juga karena merasa tidak mendapatkan jawaban yang jelas.

Setelah ketidakcocokan dengan sang partner baru tersebut, Kevin memutuskan untuk berdiskusi dengan PBSI, namun tanpa disangka jawaban yang diberikan oleh PBSI tidak sesuai dengan harapannya.

Diketahui juga bahwa keputusan Kevin Sanjaya untuk meninggalkan bulu tangkis telah diungkapnya kepada PBSI sejak akhir bulan Februari 2024.

” Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang di berikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas” tertulis di akun instagram @kevin_sanjaya.

Kevin Sanjaya Pensiun Dini dari Bulu Tangkis, Ini Sederet prestasi yang Pernah Diraih Duet Minions

Kevin Sanjaya Pensiun dari Bulu Tangkis
Duet Minions Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon

Keputusan Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya pensiun dari bulu tangkis Indonesia ini menjadi kehilangan yang cukup besar untuk para penggemar Duet Minions.

Diketahui bahwa pasangan Kevin/Marcus ini telah menorehkan banyak prestasi gemilang di berbagai kompetisi.

Bahkan, Duet Minions ini pernah menduduki peringkat pertama ganda putra terbaik dunia tahun 2017-2022.

Kevin/Marcus juga telah banyak menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, mulai dari juara Asian Gmaes Jakarta-Palembang Pada 2018, juara Thomas Cup pada 2020, dan juara dari level BWF Grand Prix/Gold.

Prestasi gemilang juga ditorehkan Kevin/Marcus pada ajang BWF World Tour dan BWF Super Series/Premier.

Pasangan tersebut tercatat pernah menjuarai 19 turnamen pada ajang BWF World Tour dan 10 turnamen BWF Super Series/Premier.