TANGSELIFE– Arak-arakan Timnas U-22 yang sukses meraih medali emas akan digelar di Jakarta pada Jumat 19 Mei 2023 pagi.

Aksi arak-arakan di Jakarta itu digelar setelah para pemain Timnas U-22 Indonesia sukses meraih medali emas dalam final SEA Games 2023.

Untuk diketahui, Timnas U-22 Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dalam laga final di Stadion Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 16 Mei 2023 malam.

Arak-arakan Timnas U-22
Rute arak-arakan Timnas U-22 yang dikeluarkan PSSI besok Jumat 19 Mei 2023 pagi.

PSSI menyatakan arak-arakan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Adapun rute arak-arakan itu akan start dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Selanjutnya, arak-arakan kendaraan yang membawa skuad Garuda Muda itu akan berjalan menuju Jalan Sudirman dan Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Selanjutnya, arak-arakan Timnas U-22 Indonesia akan kembali ke Stadion GBK sebelum salat Jumat sekitar pukul 10.30 WIB.

“Setelah arak-arakan, maka selanjutnya kami akan menggelar salat Jumat di masjid yang ada di sekitar Senayan,” terang Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga.

Dia juga mengatakan arak-arakan digelar agar masyarakat bisa melihat langsung para pemain Timnas U-22 Indonesia yang berhasil medali emas SEA Games usai penantian selama 32 tahun.

“Jadi, tujuan arak-arakan ini untuk menghormati seluruh pemain dan official tim karena mereka sudah merebut medali emas SEA Games 2023 di Kamboja,” papar Arya juga.

Untuk diketahui, Timnas U-22 Indonesia sukses merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2023 usai mempecundangi Thailand dengan skor 5-2.

Medali emas sepakbola putra SEA Games ini adalah emas pertama yang bisa kembali diraih sejak Timnas Garuda  menjadi juara di SEA Games 1991 di Filipina.

Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Arak-arakan Timnas U-22

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas saat arak-arakan Timnas U-22.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan rekayasa lalu lintas akan diterapkan di kawasan Sudirman-Thamrin dan juga beberapa ruas jalan lainnya.

“Untuk mencegah kemacetan parah, pastinya akan ada rekayasa lalu lintas khususnya jalur Sudirman-Thamrin,” terang Latif,  Kamis 18 Mei 2023.

Meski begitu, Latif mengatakan ruas jalan yang akan diterapkan rekayasa lalu lintas yang akan dilintasi arak-arakan Timnas U-22 masih dirancang.

Lantaran, Ditlantas Polda Metro Jaya masih menunggu informasi rute-rute mana saja yang akan dilalui pemain timnas dari PSSI.

“Ini kan masih menunggu rute yang fix (pasti). Karena ada informasi dari Istana Merdeka, yang keduanya ada informasi dari GBK. Makanya masih kami pastikan,” paparnya.

Karena itu, kata Latif juga, ada kemungkinan rekayasa lalu lintas tak hanya diterapkan di Jalan Jenderal Sudirman dan M.H. Thamrin.

Latif juga mengimbau pengendara yang tidak berkepentingan untuk menghindari jalur Sudirman-Thamrin agar tidak menambah kepadatan arus lalu lintas.