TANGSELIFE.COM-Alex Rins tampil sebagai kampiun dari gelaran MotoGP Amerika Serikat 2023. Pembalap LCR Honda itu finis terdepan usai Francesco Bagnaia dari Ducati-Lenovo terjatuh di lintasan.

MotoGP Amerika Serikat berlangsung di Circuit of The Americas, Austin, Senin 17 April 2023 dini hari WIB. Bagnaia start dengan, tapi kemudian motor yang dia tunggangi terjatuh di putaran delapan.

Akibatnya dia gagal mendapatkan poin seperti di MotoGP Argentina lalu. Usai mengalami crash, membuat Rins langsung mengambil posisi terdepan. 

Pembalap LCR Honda itu juga berhasil mempertahan posisinya sampai akhir. Kemenangan Rins diikuti Luca Marini (Mooney VR46) dan Fabio Quartararo (Yamaha) menuntaskan balapan di podium kedua dan ketiga

Tidak seperti tahun sebelumnya, tahun ini balapan MotoGP Amerika Serikat 2023 diwarnai sejumlah pembalap yang jatuh. Total hanya 13 rider yang berhasil menyelesaikan lintasan balapan tanpa terjatuh.

Seperti yang dialami pembalap Bagnaia yang motornya mengalami keluar tikungan pertama selepas start masih di posisi terdepan. 

Motor pembalap Alex Marquez dan Jorge Martin jatuh di tikungan tiga, disusul Aleix Espargaro yang terjatuh pada tikungan 12.

Posisi itu dimanfaatkan Alex Rins mengisi posisi dua dan Jack Miller yang start dari urutan 10 langsung naik ke urutan ketiga. 

Posisi keduanya diikuti Fabio Quartararo, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi. Memasuki putaran ketiga, Bagnaia dan Rins mulai membuka jarak hingga nyaris sedetik dari Miller. 

Sementara itu Miller juga mulai lepas dari pandangan Quartararo dan melesat jauh mendahului. Tapi kemudian Quartararo malah terjatuh di putaran keenam. 

Begitu juga yang dialami Bagnaia yang mengaku kehilangan cengkeraman ban depan di tikungan tiga putaran delapan. 

Akibatnya, Rins memimpin balapan dengan jarak hampir 2,5 detik dari Quartararo dan Marini. Selanjutnya,  Joan Mir yang crash di putaran berikutnya. 

Setelah 10 putaran berjalan, sisa 15 pebalap yang masih tetap melaju di lintasan. Brad Binder dan Takaaki Nakagami jadi korban terjatuh di lintasan Sirkuit COTA. Dia jatuh di lap ke-11 dan 12.

Rins lalu memimpin dengan delapan putaran tersisa. Sementara Marini berhasil menyalip Quartararo di trek lurus untuk merebut posisi dua. Bezzecchi, Vinales, Miguel Oliveira berturut-turut di belakang mereka.

Lima putaran menuju finis, baik Rins, Marini, dan Quartararo melaju sendiri-sendiri karena terpisah gap yang lebar atau jarak yang cukup jauh. 

Tanpa kendala, Rins mengamankan posisi terdepan hingga garis finis disusul Marini dan Quartararo. Selnjutnya, Vinales, Oliveira, dan Bezzecchi berturut-turut di posisi 4-6.

Posisi selanjutnya diraih Johann Zarco, Franco Morbidelli, Fabio Di Giannantonio. Terakhir, Augusto Fernandez melengkapi 10 besar MotoGP Amerika Serikat 2023.

Sepuluh Besar Hasil MotoGP Amerika Serikat 2023:

1. Alex Rins LCR Honda (RC213V) 41m 14.649s

2. Luca Marini Mooney VR46 Ducati (GP22) +3.498s

3. Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1) +4.936s

4. Maverick Viñales Aprilia Racing (RS-GP23) +8.318s

5. Miguel Oliveira RNF Aprilia (RS-GP22) +9.989s

6. Marco Bezzecchi Mooney VR46 Ducati (GP22) +12.049s

7. Johann Zarco Pramac Ducati (GP22) +12.242s

8. Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1) +20.399s

9. Fabio Di Giannantonio Gresini Ducati (GP22) +27.981s

10. Augusto Fernandez Tech3 GASGAS (RC16)* +28.217s

Terjatuh, Franscesco Bagnaia Emosi

Usai terjatuh dan posisi yang memimpin tergeser, membuat pembalap Francesco Bagnaia emosi. Dia menyebut dirinya  mengalami kecelakaan gaib saat tampil di MotoGP Amerika Serikat 2023. 

Disebut kecelakaan gaib, lantaran Bagnaia  tidak mengetahui apa penyebab dirinya sampai mengalami crash hingga tak bisa melanjutkan balapan tersebut.

Akibatnta, balapan di COTA itu tidak berakhir manis untuk Bagnaia. Padahal, mengawali race dengan sangat baik dan jadi starting pole.

Saat balapan berlangsung, ada jarak sekira dua detik lebih dengan Alex Rins (LCR Honda) yang saat awal lomba berada di posisi kedua. 

Bagnaia tak mendapatkan tekanan sama sekali dan dapat dengan santai menjaga laju motornya agar tetap konsisten menjadi yang terdepan.

Akan tetapi, petaka datang di lap kedelapan. Pembalap yang akrab disapa Pecco itu kehilangan keseimbangan hingga terjatuh di tikungan kedua dan pupus sudah harapan meraih juara.

Bagnaia lantas terlihat mengamuk usai bangun dari kecelakaan itu. Hal itu wajar, sebab Bagnaia kehilangan 25 poin yang amat berharga karena melepaskan posisi pertamanya.

Bagnaia amat emosi. Ia merasa kecelakaan itu bukan salahnya karena dirinya merasa tidak ada yang salah saat memulai balapan.

Karena itu, dia berharap tim Ducati bisa mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan dirinya bisa kecelakaan di COTA. 

Bagnaia mencurigai kecelakaan dirinya akibat stabilitas Ducati yang begitu luar biasa justru berdampak menutupi kemampuannya untuk merasakan ketika ban berada pada batasnya.

”Saya tidak tahu apa yang terjadi. Saya terus mendorong, mengendalikan, memahami, dan kemudian dalam balapan saat saya memegang kendali penuh, saya kecelakaan,” ujar Bagnaia, mengutip dari Crash, Senin 17 April 2023.

Bagnaia mengaku saya sangat marah akiat kecelakan tersebut. “Bukan pada diri saya sendiri, karena saya 100% yakin itu bukan kesalahan saya hari ini,” tandasnya juga. 

“Karena memang benar motor kami adalah yang terbaik. Kami memiliki motor terbaik di grid, tapi jika Anda crash dan Anda tidak tahu kenapa, itu percuma karena kami kehilangan 45 poin dalam dua pekan,” cetusnya. 

Dengan gagal meraih poin, ia pun masih berada di urutan kedua pada klasemen sementara pembalap MotoGP 2023. 

Namun, posisi Bagnaia terancam akan digusur oleh Alex Rins yang baru saja naik ke peringkat ketiga usai memenangkan MotoGP Amerika Serikat 2023.