TANGSELIFE.COM – Hasil pertandingan Indonesia vs Jepang dalam laga Piala Asia 2023 di Qatar berakhir. Indonesia kalah dengan skor 1-3.

Pertandingan antara Indonesia vs Jepang itu merupakan laga ketiga babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 Qatar.

Pertandingan Grup D Indonesia vs Jepang itu berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024.

Dalam laga tersebut, Indonesia sudah kebobolan sejak awal pertandingan. Pemain Jepang Ayase Ueda berhasil mencetak gol di 6 menit pertandingan.

Gol perdana Indonesia vs Jepang itu tercipta berkat tendangan penalti pemain Jepang Ueda yang tak bisa dibendung oleh kiper Indonesia, Ernando Ari.

Petaka di awal pertandingan ini terjadi akibat pelanggaran yang dilakukan oleh Jordi Amar saat menahan gempuran Ueda di kotak penalti Indonesia. Dari hasil VAR, penalti pun dijatuhkan oleh wasit Khamis Mohamed Al-Marri.

Sepanjang pertandingan babak pertama, Garuda Muda kesulitan menembus pertahanan tim Samurai Biru itu. Mereka tak bisa menguasai bola di lini tengah, sehingga mengandalkan umpan panjang ke depan.

Meski kesulitan menyerang, beruntuk Timnas Indonesia mampu menahan pemain Jepang menambah keunggulan di babak pertama, pertandingan ditutup dengan 0-1.

Pada babak kedua, Indonesia kembali dibobol Jepang. Ueda kembali mencetak gol di menit ke-52 setelah berhasil mengeksekusi umpan silang Ritsu Doan.

Ueda yang lepas dari pengawalan itu akhirnya leluasnya mencetak gol kedua ke gawang Ernando Ari.

Tertinggal 0-2, Indonesia memanas tetapi mentok mendobrak pertahanan Jepang. Pelatih Shin Tae-yong kemudian menurunkan Witan Sulaeman untuk menggedor pertahanan Jepang.

Tetapi, Jepang yang sudah di atas angin tak berpuas diri. Takumi Minamino dan Daizen Maeda diterjunkan di menit ke-69 untuk menambah daya serangan ke gawang Indonesia.

Garuda muda terus berjuang. Pada menit ke-73 Egy Maulana Vikri yang mengancam pertahanan Jepang terpaksa diberi hantaman keras oleh pemain Jepang Minamino. Kartu kuning pun dihadiahi wasit ke Minamino.

Elkan Baggott kemudian diterjunkan untuk menggantikan menantu Alm. Ustad Jefri Al-Buchori itu sebagai ujung tombak Indonesia. Tetapi, usaha yang dilakukan belum membuahkan hasil.

Indonesia kembali apes. Gol ketiga tercipta dimenit ke-88 akibat gol bunuh diri Justin Hubner yang berupaya memotong tendangan Ueda. Bukannya terbuang, upaya Justin malah blunder jadi gol bunuh diri.

Meski terpuruk, pemain Timnas Indonesia tak menyerah. Gol pun tercipta dari kaki Sandy Walsh di masa injury time babak kedua. Skor menjadi 1-3.

Sayangnya, Indonesia tak bisa menambah pundi gol lantaran kehabisan waktu dan pertandingan berakhir. Hasil pertandingan ini, membuat Indonesia terancam tak bisa melaju ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan agar bisa melaju ke babak-16 besar Piala Asia 2023. Syaratnya, Timnas Kyrgyztan harus berhasil menang melawan Oman. 

Intan
Editor
Intan
Reporter