TANGSELIFE.COM-Barcelona menelan kekalahan 1-2 dari Rayo Vallecano dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Estadio de Vallecas, Kamis 27 April 2023 dini hari WIB.

Dengan hasil kekalahan ini, membuat Barcelona gagal menjauhkan diri dari pesaing terdekatnya, Real Madrid. 

Meski begitu saat ini, tim asuhan Xavi Hernandez tetap di puncak klasemen sementara La Liga 2022/2023 dengan keunggulan 11 poin atas rival abadinya tersebut.

Dalam laga pekan ke-31 itu, pertandingan berjalan sangat menarik. Pasalnya, para pemain Rayo Vellencano tampil percaya diri menghadapi permainan Barcelona.

Mereka langsung menyerang dan bertahan saat kali pertama bermain. Berkat kerjasama yang baik, Rayo Vallecano berhasil mencetak dua gol. 

Gol pertama dicetak oleh Alvaro Garcia dan Fran Garcia. Sedangkan pemain Barcelona sempat membalas dengan satu gol yang dicetak Robert Lewandowski.

Pertandingan Babak Pertama

Saat permainan dimulai, para pemain Blaugrana-sebutan Barcelona, langsung menyerang. Meski begitu, belum ada peluang berbahaya tercipta guna meraih gol di gawang Rayo Vallecano.

Justru para pemain Rayo Vallecano yang pertama mendapat peluang gol pada menit ke-6. Isi Palazon sempat melepas tembakan jarak jauh usai melihat kiper Ter Stegen keluar dari mulut gawang. 

Namun kiper asal Jerman itu masih bisa kembali ke posisinya dan bisa menggagalkan peluang gol tersebut.

Peluang kembali didapatkan Rayo Vallecano pada menit ke-17. Peluang didapatkan Sergio Camello yang mengancam gawang Barcelona dengan tembakan keras. 

Namun bola masih bisa digagalkan kiper Barcelona, Ter Stegen. Tapi akhirnya gawang Barcelona akhirnya kebobolan pada menit ke-19. 

Itu terjadi saat Sergio Camello merebut bola dari pemain Barcelona dan kemudian memberikan umpan pada Alvaro Garcia. 

Dengan tendangan mendatar bola pun masuk ke gawang Barcelona. Kiper Ter Stegen terkecoh saat si kulit bundar masuk ke gawangnya. 

Tertinggal satu gol, membuat para pemain Barcelona berupaya menyamakan kedudukan. Peluang itu diapatkan pada menit ke-23.

Saat itu, Lewandowski nyaris mendapatkan peluang menciptakan gol. Namun aksi itu digagalkan Dimitrievski, yang dengan cekatan masih bisa menghalau bola.

Tapi pada menit ke-42, para pemain Barcelona akhirnya bisa mencetak gol. Robert Lewandowski sukses memaksimalkan umpan yang diberikan Pedri. 

Sayangnya, gol itu dianulir oleh wasit karena Pedri sudah terjebak off side. Hingga akhir babak pertama berakhir, skor masih 1-0 untuk kemenangan Rayo Vallecano.

Pertandinga Babak Kedua

Saat pluit babak kedua ditiup, para Rayo Vallecano langsung menyerang. Mereka bermain lebih agresif menyerang ke gawang Barcelona

Bahkan, terjadi beberapa peluang gol dari sepak pojok didapatkan para pemain Rayo Vallecano. Tapi semuanya gagal membuahkan gol. 

Selebihnya, jalannya pertandingan terjadi saling serang antara pemain Rayo Vallecano dengan pemain Barcelona.

Gol kedua Rayo Vallecano baru tercipta  pada menit ke-52. Fran Garcia sukses menjebol gawang yang dijaga Ter Stegen dengan tendangan kaki kirinya dari sekitar titik kotak penalti. 

Gol itu membuat hasil pertandingan jadi 2-0 untuk kemenangan Rayo Vallecano. Kebobolan dua gol membuat para pemain Barcelona semakin semangat menyerang. 

Para pemain Barcelona mencoba mencetak gol. Namun usaha para punggawa Barca ini selalu  gagal dan bola tidak ada yang masuk ke gawang Rayo Vallecano.

Setelah berjuang cukup lama, akhirnya para pemain Barcelona bisa mencetak gol pada menit ke-83 yang dilakukan Lewandowski.

Awalnya, penyerang Barca Kessie coba menembak dari luar kotak penalti. Namun, bola berhasil diblok pemain Rayo Vallecano. 

Meski begitu, bola masih bergulir liar di sekitar kotak penalti. Kesempatan itu lantas disambar oleh Lewandowski yang langsung menciptakan gol. Skor jadi 2-1.

Pada menit ke-85, Robert Lewandowski juga mendapat peluang lagi untuk menyamakan kedudukan jadi 2-2 tapi eksekusi bola gagal berbuah gol. 

Hinga akhir pertandingan babak kedua, tidak ada lagi perolehan gol yang tercipta. Dengan hasil ini, Rayo Vallecano menang 2-1 atas Barcelona.

Komposisi Pemain

Rayo Vallecano: 

Stole Dimitrievski; Ivan Balliu, Florian Lejeune, Alejandro Catena, Francisco Garcia; Isi Palazon; Unai Lopez, Oscar Valentin, Alvaro Garcia; Oscar Trejo, Sergio Camello

Pelatih: Andoni Iraola

Barcelona: 

Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Marcos Alonso, Alejandro Balde; Pedri, Frenkie De Jong, Gavi; Raphinha, Robert Lewandowski, Ferran Torres

Pelatih: Xavi Hernandez