TANGSELIFE.COM-Siaran langsung final Badminton Asia Championship (BAC) 2023 bakal berlangsung hari ini, Minggu 30 April 2023. 

Dari lima partai final, hanya satu yang dimainkan pebulutangkis Indonesia yakni sektor tunggal putra yang menampilkan Anthony Sinisuka Ginting.

Partai final sendiri akan digelar di Court 1 Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab. Final akan mulai digelar pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB

Anthony menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang masih bermain dan kini berpeluang memberikan gelar juara. 

Keberhasilannya melaju ke babak final itu dipastikan usai sukses mengalahkan tunggal putra Jepang, Kanta Tsuneyama di semifinal BAC 2023.

Kemenangan diraih Anthony berhasil diraih lewat dua gim langsung dengan skor cukup telak yakni 21-13 dan 21-16.

Sejatinya pada babak semifinal BAC 2023, Anthony masih ditemani pasangan ganda campura, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. 

Tapi sayangnya, ganda campuran Indonesia itu gagal mengalahkan pasangan asal Tiongkok, Jiang Zhenbang/Wei Yaxin. Hingga gagal lolos ke final.

Berkat kemenangan itu, Anthony pun lolos ke final dan akan menantang wakil Singapura, Loh Kean Yew yang juga lolos ke final. 

Secara di atas kertas, Anthony jelas diunggulkan karena merupakan unggulan kedua di turnamen tersebut. Sementara Loh Kean Yew yang asal Singapura merupakan unggulan ketujuh.

Anthony vs Loh Kean Yew merupakan partai keempat dalam final Badminton Asia Championships 2023 yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) tersebut. 

Penampilan Anthony dalam laga final Badminton Asia Championship 2023 itu dapat disaksikan secara langsung di TVRI mulai pukul 16.00 WIB.

Pada laga penutup atau partai kelima akan menampilkan persaingan antara ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi melawan pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shett

Pertarungan yang tak kalah menarik juga terjadi di sektor tunggal putri. Pasalnya, jagoan Korea Selatan, An Se Young akan menantang wakil Taiwan, Tai Tzu Ying. 

Tercatat mereka sudah lima kali berjumpa dan An Se Young mampu memenangkan empat pertemuan di antaranya.

Berikut Jadwal Final BAC 2023 

Lokasi : Court 1 Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab

Waktu : Minggu 30 April 2023 

Jam : Mulai pukul 16.00 WIB

1. Ganda Putri: 

-Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) vs Baek Ha Na/Lee So Hee (Korsel)

2. Ganda Campuran 

-Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok) vs Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (Tiongkok)

3. Tunggal Putri 

-Tai Tzu Ying (Taiwan) vs An Se Young (Korea Selatan)

4. Tunggal Putra 

Loh Kean Yew (Singapura) vs Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

5. Ganda Putra 

Ong Yew Sin/ Teo Ee Yi (Malaysia) vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India)