TANGSELIFE.COM– Olahraga bola basket di Indonesia menjadi salah satu cabang olahraga primadona masyarakat.

Di kalangan remaja, olahraga basket sangat favorit, tak salah jika banyak turnamen bola basket di gelar di sekolah, kampus, sampai kejuaraan nasional.

Bola basket memang bukan olahraga asli Indonesia, melainkan dari Amerika Serikat. 

Penciptanya adalah James Naismith pada 1891. Naismith merupakan guru olahraga di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, AS.

Saat menjabat direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika, Naismith lantas menciptakan olahraga yang mudah dimainkan hanya dengan ketangkasan tangan.

Olahraga ini kian banyak penggemar sampai pada 15 Januari 1892 mulai memiliki peraturan resmi buatan James A Naismith. 

Tahun 1932, organisasi bola basket dunia pertama berdiri di Jenewa bernama Federation Internationale de Basketball Amateur (FIBA).

Sejarah Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Seiring perkembangannya, bola basket menyebar ke seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pada tahun 1920-an, gelombang perantau Tiongkok masuk ke Indonesia mengenalkan olahraga basket.

Melansir laman resmi perbasi.or.id, induk organisasi bola basket nasional, yakni Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) berdiri pada 23 Oktober 1952.

Berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perbasi tugas Induk organisasi bola basket di Indonesia ini antara lain mengkoordinasikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan basket.

Selain itu, serta melakukan pembinaan terhadap bibit-bibit pebasket.

  • Menuru t Pasal 5 AD/ART Perbasi, berikut ini adalah fungsi dan peran dari Perbasi :
  • -Perbasi mendorong masyarakat berkegiatan bola basket. Hal ini diharapkan bisa membentuk warga negara Indonesia seutuhnya yang sehat, masyarakat juga kuat secara jasmani maupun rohani, ulet, tangkas, cerdas, agar mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional.
  • -Melakukan koordinasi dan pembinaan terhadap setiap bentuk kegiatan bola basket di seluruh wilayah Republik Indonesia. 
  • -Basket juga diharapkan dapat membangkitkan dan mengembangkan rasa cinta tanah air atau semangat nasionalisme.
  • -Melakukan pembinaan kepada atlet dan pelaku olahraga basket sehingga dapat berprestasi di seluruh jenjang, mulai dari tingkat daerah, nasional, serta internasional.
  • -Memupuk rasa persaudaraan antarbangsa melalui olahraga bola basket dengan mengadakan hubungan dan menjadi anggota organisasi bola basket internasional, serta berpartisipasi dalam pertandingan atau kompetisi bola basket antar negara.
  • -Mendorong pembuatan dan penggunaan alat-alat perlengkapan olahraga bola basket dari dalam negeri.

Kini, Perbasi telah menggelar berbagai kompetisi nasional dan mengikuti berbagai kompetisi internasional. 

Prestasi teranyar Perbasi adalah memenangi medali emas dalam Sea Games 2021 yang digelar di Vietnam usai mengalahkan Filipina yang selalu juara. 

Ini torehan emas pertama yang berhasil diraih Indonesia sejak mengikuti Sea Games 1977 silam. Prestasi emas itu diukir di Thanh Tri District Sporting Hall, Kota Hanoi, Vietnam, pada Minggu 22 Mei 2022.