TANGSELIFE.COM– Nama Pratama Arhan di Timnas Indonesia disebut-sebut sebagai pemain andalan pelatih Shin Tae-Yong.

Ini karena Pratama Arhan memiliki dedikasi dan prestasi gemilang di timnas Indonesia.

Apalagi, Pratama Arhan kini mendapat kontrak dengan salah satu klub Liga Jepang, yakni Tokyo Verdy.

Bek kiri timnas Indonesia yang pernah lama membela klub PSIS Semarang itu resmi berlabuh di salah satu klub kasta kedua Liga Jepang itu pada Rabu, 16 Februari 2022.

Kemampuan Pratama mengolah bola kerap menyita perhatian pecinta bola Tanah Air saat mengawal timnas. 

Pemain asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini dikenal memiliki lemparan ke dalam yang cukup mematikan layaknya sepakan pojok yang bisa berujung gol.

Selama bergabung dalam timnas Indonesia, Pratama Arhan sudah mengoleksi dua gol serta tiga assist di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. 

Jika melihat kiprahnya di Piala AFF 2020 dan pertandingan timnas lainnya, tak berlebihan jika Pratama Arhan disebut sebagai salah satu pemain andalan timnas Indonesia masa mendatang.

Biodata Pratama Arhan 

Pratama Arhan memulai kariernya sebagai pemain sepak bola pada usia 11 tahun.

Pemuda asal Blora itu mulai berlatih bersama Sekolah Sepak Bola (SSB) Putra Mustika pada 2012.

Tiga tahun menimba ilmu di SSB Putra Mustika, Pratama Arhan bergabung dengan SSB Terang Bangsa di Semarang.

Selama di SSB Terang Bangsa, bakat Pratama Arhan terpantau oleh klub sepakbola PSSI Semarang yang tengah menyusun tim Elite Pro Academy (EPA) U-18.

Baru pada 2018, dirinya terpilih dalam PSIS U-18 dan sukses membawa klub sebagai runner-up kejuraan EPA Liga 1 U-18 2018.

Atas prestasinya itu, Pratama lantas mendapat promosi ke tim PSIS  U-20 pada 2019 dan sejak saat itu kariernya terus melesat hingga level tim nasional.

Potensi besar Pratama Arhan terendus oleh Shin Tae-yong yang tengah mempersiapkan tim terbaik untuk bisa tampil pada ajang penyisihan Piala Dunia U-20 2021.

Pemuda ini menjadi salah satu nama pemain yang sering dipasang Shin Tae-yong saat timnas U-19 Indonesia menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Debut bersama timnas U-19 ketika berjumpa Bulgaria U-19 pada laga uji coba yang berlangsung pada 5 September 2020.

Saat itu, Pratama Arhan mendapat kepercayaan sebagai kapten timnas selama pelatihan di Kroasia.

Usai merampungkan training center di Kroasia, dan kembali ke Indonesia Pratama Arhan  mendapatkan kontrak profesional dari klub PSIS Semarang.

Debutnya di level sepakbola profesional terjadi ketika PSIS Semarang tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Selama turnamen tersebut, dia menyumbangkan dua gol dan satu assist untuk klub PSIS Semarang.

Karena kemampuannya itu, Pratama menyabet gelar sebagai Pemain Muda Terbaik Piala Menpora 2021.

Sedangkan dalam debut timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan kesempatan debut perdana kepada Pratama Arhan saat menghadapi Oman pada laga uji coba.

Dalam pertandingan persahabatan pada 19 Mei 2021 itu, Arhan bermain penuh selama 90 menit untuk mengawal sektor pertahanan timnas Indonesia.

Tapi sayangnya, skuad Garuda harus mengakui keunggulan lawan setelah tumbang dengan skor cukup telak yakni 1-3. 

Sejak saat itu, Arhan selalu dipercaya untuk mengawal pertahanan kiri skuad Garuda. Termasuk dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Dari tiga laga skuad Garuda, yakni saat melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab, Arhan selalu dipercaya untuk bermain penuh.

Termasuk saat skuad Garuda menghadapi Australia pada dua pertandingan di Grup G. Tapi sayangnya pertandingan itu berakhir untuk kemenangan tim lawan.

Pada pertemuan pertama, skuad Garuda Muda ditekuk dengan skor 2-3, sedangkan leg kedua kembali kalah 0-1. Akibatnya timnas Garuda gagal menuju putaran final Piala Asia U-23 2022.