TANGSELIFE.COM – Laga Timnas Indonesia vs Korea Selatan berlangsung sengit, hingga akhirnya Indonesia menang lewat drama adu penalti dengan skor 11-10, dan lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Jalannya pertandingan dalam laga tersebut, berlangsung sengit dengan salin jual serangan antara kedua tim.

Namun, di menit awal laga Timnas Indonesia vs Korea Selatan ini, sempat membuat Indonesia nyaris tertinggal satu gol.

Pada menit ketujuh, pemain Korea Selatan, Lee Kang Hee membobol gawang Ernando Ari lewan umpang yang diterimanya.

Namun VAR menunjukan pemain tersebut offside dalam proses gol. Wasit Shaun Evans kemudian memutuskan menganulir gol tersebut.

Pertandingan pun berlanjut, hingga akhirnya menit ke-16 Rafael Struick mencetak gol dari tendangan di luar kotak penalti.

Tendanganya membuat bola melaju tinggi di sisi kiri gawang, dan penjaga gawang Korea Selatan pun tak mampu menghalau gol itu, skor 1-0 untuk Indonesia.

Namun, Korea Selatan tidak tinggal diam, serangan balasan pun terus diberikan Korea Selatan ke Timnas Indonesia U-23.

Hingga menit terakhir waktu normal babak pertama Korea menyamakan kedudukan.

Sundulan Eom Ji Sung mengenai kepala Komang Teguh dan bola masuk ke gawang Indonesia. Skor 1-1.

Tidak berselang lama pun, Sebuah umpan panjang Ivar Jenner dituntaskan dengan baik oleh Struick yang bergerak di antara pemain belakang lawan, dan sukses cetak gol, skor 2-1 untuk Indonesia.

Masuk babak kedua, Korea Selatan melakukan tiga pergantian pemain termasuk memainkan penyerang andalan Lee Young Jun, serta memainkan Jeong Sang bin dan Kang Sang Yoon.

Sementara di kubu Indonesia Komang Teguh diganti Muhammad Ferrari.

Serangan Korea pun terus merangsek ke pertahanan Indonesia,pemain-pemain Korea bisa mendapat bola di area kotak penalti dan melepas tembakan di daerah berbahaya tersebut, namun tidak ada gol yang dihasilkan.

Berlanjut ke menit-68, Korea Selatan harus kehilangan satu pemainnya, ketika wasit Evans melihat tayangan ulang untuk meninjau pelanggaran Lee Young Jun kepada Hubner.

Evans kemudian menganulir kartu kuning yang sebelumnya diberi ke Young Jun dan menukarnya dengan kartu merah.

Meski tampil dengan 10 pemain, Korea Selatan terus menggempur Indonesia, hingga upaya dilakukan Jeong Sang Bin pada menit ke-75 lewat tendangan bebas langsung yang masih bisa ditepis Ernando Ari.

Hingga pada akhirnya, serangan balik Korea pada menit ke-84 menghasilkan gol penyama kedudukan.

Saat itu, Jeong Sang Bin menuntaskan sepakan dengan baik menyelesaikan umpan Hong Yun Sang.

Timnas Indonesia vs Korea Selatan

Adu Penalti Timnas Indonesia vs Korea Selatan

Dua babak tambahan pun masih berakhir dengan skor 2-2, sehingga pertandingan pun harus diakhiri dengan drama adu penalti.

Drama Adu penalti pun berlangsung menegangkan, penjaga gawan Indonesia Ernando Ari mampu menunjukan kelasnya, setelah sukses menepis dua penendang dari Korea Selatan.

Sementara, sangat disayangkan, penendang dari Indonesia Arkhan, sempat gagal mengeksekusi penalti, dan melebar ke sisi kanan gawang yang dijaga kiper Korea Selatan J. Baek.

Timnas Indonesia U-23 pun menang dengan skor 11-10, setelah Pratama Arhan sukses mengeksekusi penalti.

Dengan kemenangan Indonesia dan melaju ke semifinal. Hal ini sekaligus membuat asa Tim Merah Putih ke Olimpiade 2024 terbuka lebar.

 

Sopiyan
Editor