TANGSELIFE.COMWasit tinju Sumut vs Lampung PON XXI Aceh-Sumut 2024, Royke Wane, resmi diberhentikan.

Diberhentikannya wasit Royke Wane yang memimpin pertandingan tinju kelas 75-80 kg itu buntut dari keputusan kontroversial.

Sebagai informasi, Royke Wane memenangkan petinju tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) atas petinju asal Lampung pada pertandingan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada pertandingan yang mempertemukan petinju Lampung Joshua Harianja dan petinju Sumut Rusdianto, kepemimpinan Royke Wane tampak berat sebelah.

Keberpihakan wasit tinju Sumut vs Lampung itu tampak jelas ketika ia tidak melakukan penghitungan saat Rusdianto dua kali melakukan pukulan yang menjatuhkan Joshua.

“Iya wasit Wane itu sudah diberhentikan, dipulangkan dari PON 2024 Sumut Aceh ini,” kata Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmizi, Senin 16 September 2024.

Reaksi PB PON Terkait Wasit Tinju Sumut vs Lampung

Peristiwa diberhentikannya wasit tinju Sumut vs Lampung yang dinilai tidak fair itu ditanggapi PB PON.

Technical Delegate Tinju PB PON XXI, Muhammad Arisa Putra Pohan mengatakan, keputusan wasit tinju Royke Wane tidak keliru.

Justru, pria yang akrab disapa Boy Pohan itu menilai keliru penggalan video yang viral di media sosial.

“Nah, terkait yang di video viral itu, yang perlu diketahui, itu sudah ronde ketiga. Sedangkan pertandingan tinju itu ada tiga ronde,” kata Boy Pohan.

“Orang pada gak tahu kan, di ronde pertama dan kedua itu, petinju Sumut memang unggul. Makanya keputusan tak salah kalau petinju Sumut menang,” terangnya.

Lebih lanjut, Boy menegaskan bahwa pemberhentian Royke bukan karena keputusan kontroversial memenangkan petinju Sumut di PON XXI, tetapi karena tidak mendiskualifikasi petinju Lampung.

“Jadi di ronde ketiga itu, petinju Lampung memukul bagian belakang kepala petinju Sumut. Itu pelanggaran berat dan wasit tidak memberhentikan pertandingan,” papar Boy Pohan.

“Seharusnya di situ bisa langsung didiskualifikasi. Makanya, justru karena tidak mengambil langkah itu lah, wasit dianggap lalai,” pungkas Boy.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter