TANGSELIFE.COM– Thunderbolt 5 telah resmi diperkenalkan oleh Intel untuk gantikan genarasi pendahulunya Thunderbolt 4 yang sudah rilis sejak 2020 silam.

Setelah kurang lebih tiga tahun tidak merilis versi baru, akhirnya Intel resmikan kehadiran port yang lebih kekinian bernama Thunderbolt 5.

Sebagai informasi, Thunderbolt merupakan konektor antarmuka yang dikembangkan oleh Intel berfungi untuk menghubungkan bermacam perangkat ke PC yang sedang digunakan.

Penampilan Thunderbolt sekilas memang mirip dengan USB-C, namun Thunderbolt hadir dengan beragam keunggulan.

Thunderbolt 5 ini datang dengan membawa sejumlah peningkatan yang tidak dimiliki oleh genarasi sebelumnya.

Target pasar Intel untuk mempromosikan Thunderbolt versi terbaru ditujukan untuk kreator dan gamer yang perlu menggunakan laptop dengan perangkat lain yang butuh bandwith besar.

Rencananya Thunderbolt 5 akan mulai dirilis di laptop pada tahun 2024, mendatang.

Spesifikasi Thunderbolt 5.

Gantikan Thunderbolt 4, diprediksi Thunderbolt 5 hadir dengan dukungan fitur yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Intel mengklaim bahwa Thunderbolt versi terbarunya ini menawarkan peningkatan besar dalam kecepatan maupun kemampuan transfer data serta layar.

Thunderbolt 5 ini bisa terkoneksi sampai beberapa monitor resolusi 8K yang cocok untuk para creator dan gamers ditamabah dengan dukungan refresh rate hingga 540Hz.

Selain itu, Thunderbolt 5 dilengkapi dengan bandwith 80 Gbps bi-drectional (2x 40 Gbps untuk transmit dan 2x 40 Gbps untuk penerima) dari dan ke perangkat yang terhubung.

Spesifikasi interface Thunderbolt terbaru ini hadir dengan bandwith maksimum dua kali lipat lebih besar dibandingi versi ke 4 yang hanya sebesar 40 Gbps.

Mode “Bandwith Boost” yang ada di Thunderbolt versi terbaru ini akan bekerja jika terhubung dengan monitor beresolusi tinggi.

Bandwith-nya yang terhubung ke monitor menjadi 120 Gbps (3x 40 Gbps) ketika transfer data dengan menggunakan tiga pipelene.

Hal itu yang menyebebkan, versi terbaru ini bisa mendukung keluaran display ke tiga monitor 4K sekaligus, dengan masing-masing refresh rate 144Hz.

Pada versi sebelumnya hanya bisa terkoneksi maksimal ke dua buah monitor 4K dengan refresh rate tak lebih dari 60 Hz.

Kecepatan koneksi Thunderbolt versi terbaru ini bisa menyesuaikan secara otomatis tergantung dari monitor apa yang sedang digunakan.

Hal yang membuat versi terbaru ini menarik, karena memiliki dukungan standar DisplayPort 2.1 dan PCI Express Gen 4.

Keistimewaan dari Thunderbolt 5 dilengkapi dengan kapasitas pengisian daya maksimal 240W.

Besarnya kapasitas pengisian daya ini bahkan bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai laptop gaming maupun workstation.

Konektor ini bisa digunakan di segala kebutuhan daya yang hanya bermodal satu kabel saja, sehingga saat pengguna ingin isi daya perangkat, tidak perlu repot mengganti kabel satu dengan lainnya.