TANGSELIFE.COM – Harga kucing anggora terbagi menjadi jenis-jenis dan usianya. Kucing anggora sendiri jadi salah satu ras yang paling populer di Indonesia.

Sebagai informasi, kucing anggora merupakan salah satu ras kucing domestik alami tertua yang berasal dari Ankara, Turki.

Kucing anggora ini adalah ras kucing yang sudah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 silam.

Pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh pedagang yang sedang melakukan perjalanan ke Timur Tengah.

Mereka membawa kucing anggora kembali ke Eropa sebagai hewan peliharaan eksotis. Kemudian, kucing ini diperkenalkan kepada kalangan bangsawan Eropa dan menjadi populer di kalangan elit.

Secara resmi, kucing anggora diakui sebagai ras di Amerika Serikat pada tahun 1917 oleh Cat Fanciers’ Association (CFA).

Pengakuan resmi ini membantu pengenalan ras kucing ini hingga dikenal oleh masyarakat luas.

Dengan perjalanan sejarah yang cukup panjang dan reputasinya yang baik membuat kucing anggora menjadi favorit para pencinta kucing untuk memeliharanya.

Bagi kamu yang ingin menjadikan hewan berbulu tersebut jadi peliharaan di rumah, ketahui terlebih dahulu harga kucing anggora serta ciri ciri dan cara merawatnya berikut ini.

Harga Kucing Anggora yang Terbagi jadi Tiga Jenis

harga kucing anggora
Kucing anggora jadi ras kucing yang paling terkenal.

Harga kucing anggora di Indonesia bervariasi, tergantung usia, bentuk fisik, dan jenis-jenisnya yang terbagi menjadi tiga. Yuk simak harga kucing anggora terbaru berikut ini:

1. Kucing anggora hasil perkawinan dengan kucing kampung

Kucing anggora jenis ini memiliki harga yang paling murah dibandingkan kucing anggora jenis lain.

Karakteristik kucing anggora hasil perkawinan dengan kucing ini memiliki struktur tulang dan bulu seperti kucing kampung, namun wajah dan matanya mirip dengan kucing anggora pada umumnya.

Kucing anggora jenis ini dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp200 ribu sampai Rp400 ribu untuk kucing anggora yang masih berusia tiga bulan yang sudah dan belum divaksin.

Sementara itu untuk kucing anggora yang berusia enam bulan harganya dimulai dari Rp600 ribu dan sudah divaksin.

2. Kucing anggora hasil perkawinan dengan kucing persia

Kucing anggora dan kucing persia memiliki karakteristik yang tak jauh beda, bahkan sebagian besar orang sulit membedakan antar keduanya.

Untuk harga kucing anggora hasil perkawinan dengan kucing persia dijual mulai dari Rp500 ribu sampai Rp700 ribu untuk kucing yang berusia tiga bulan dan belum divaksin.

Sementara harga kucing anggora yang sudah divaksin biasanya mematok harga mulai dari Rp900 ribu sampai Rp1 juta.

Kamu perlu menyiapkan biaya yang lebih besar untuk membeli kucing ini dengan usia yang lebih dari enam bulan. Karena harganya dimulai dari Rp2 juta dengan kondisi sudah divaksin.

3. Kucing anggora hasil perkawinan dengan anggora

Dengan hasil perkawinan sempurna, jelas saja kalau harga kucing anggora jenis ini lebih mahal dibandingkan jenis sebelumnya.

Untuk kucing anggora yang masih berusia tiga bulan perlu menyiapkan biaya sebesar Rp3 juta dengan kondisi belum divaksin dan Rp7 juta dengan kondisi sudah divaksin.

Sedangkan untuk kucing usia kisaran enam bulan atau yang sudah dewasa, harganya bisa dua kali lipat lebih besar yakni Rp8 juta sampai Rp9 juta untuk yang belum divaksin dan Rp12 juta untuk yang sudah divaksin.

Ciri-Ciri Kucing Anggora yang Perlu Diketahui

Beberapa orang keliru dengan ciri-ciri kucing anggora dan kucing persia, padahal keduanya punya asal, bentuk, dan karakteristik yang berbeda.

Agar tidak salah pilih saat membeli kucing anggora, ketahui ciri-cirinya berikut ini yuk:

  1. Wajah kucing anggora berbentuk segitiga karena bagian atas yang lebih lebar dan mengerucut ke arah dagu. Terdapat lekukan di wajah karena hidungnya yang nampak mancung.
  2. Bentuk matanya seperti almond dan umumnya berwarna kuning. Namun, ada juga yang berwarna unik. Seringkali kucing anggora putih memiliki dua warna mata berbeda.
  3. Memiliki tubuh yang lebih langsing dan panjang. Kucing anggora jantan umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan betina, namun yang paling terlihat jelas adalah ekornya. Selain panjang, ekornya memilki bulu yang panjang dan tebal.
  4. Hidungnya terlihat mancung seperti kucing domestik dan telinganya memiliki bentuk sedikit runcing.
  5. Anggora punya lapisan bulu tunggal. Bulu anggora tidak tampak tebal di bagian wajah, sehingga terlihat lebih tebal dibandingkan kucing lokal.

Cara merawat kucing anggora

Harga kucing anggora
Memelihara kucing anggora juga perlu memerhatikan perawatannya.

Memelihara kucing anggora juga perlu memerhatikan perawatannya agar kucing kesayangan tetap sehat dan menggemaskan.

Sebagai pemilik, kamu perlu merawat kucing anggora dengan cara-cara berikut ini:

1. Berikan makanan yang tepat

Kucing anggora terkenal dengan karakteristik bulunya yang lebat. Nah, untuk mempertahankan keindahan bulunya itu, kamu perlu memilih makanan yang tepat untuknya.

Kamu wajib membeli makanan kucing khusus berbulu panjang.

2. Berikan air minum matang

Air yang dikonsumsi kucing anggora juga memengaruhi kelebatan dan kesehatan bulunya, lho. Pastikan kamu memberinya dengan air matang, bukan air mentah.

Air mentah mengandung bakteri dan kuman yang bisa mengganggu kesehatan tubuh dan bulunya.

3. Rutin melakukan vaksin

Vaksin membuat daya tahan tubuh kucing menjadi lebih sehat dan kucing tetap aman dari paparan virus karena sudah memiliki antibodi.

Vaksin kucing biasanya mulai diberikan pada usia 8 hingga 10 minggu ketika usianya masih kecil.

4. Memandikan kucing

Usahakan memandikan kucing minimal satu bulan sekali. Gunakan sampo khusus kucing agar kesehatan bulunya tetap terjaga dan terhindar dari ektoparasit.

5. Rutin periksa ke dokter hewan

Sebagai pemilik yang bijak, kamu perlu memeriksakan kondisi kucing ke dokter hewan. Tak hanya berlaku untuk kucing anggora saja, tetapi bagi semua jenis ras kucing.

Terlebih ketika kucing kesayanganmu nampak lesu tak seperti hari-hari biasanya.

Demikian harga kucing anggora terbaru beserta ciri-ciri dan cara merawatnya. Semoga membantu kamu yang baru mulai memelihara kucing ya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow