TANGSELIFE.COM – Operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini Senin, 2 Oktober 2023 di Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Setelah tujuh tahun lamanya konstruksi dilakukan, akhirnya kini Kereta Cepat kerja sama antara Indonesia dan China itu diresmikan.

“Dengan kecepatan 350 kilometer per jam dan kereta cepat ini kita namanya Whoosh, W H O O S H. Dibaca Whoosh,” kata Presiden Jokowi pada pembukaan peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Tak sembarang memberi nama, Whoosh sebagai nama Kereta Cepat memiliki arti yang cukup unik dan penuh makna.

Menurut Presiden Jokowi, nama tersebut terinspirasi dari suara kereta yang memiliki kecepatan 350 kilometer per jam tersebut.

“Dan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat,” jelasnya.

Kereta Cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi yang efisien yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Setelah melakukan pidato pembukaan, akhirnya Presiden Jokowi meresmikan operasional Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Screenshot 2023 10 02 094654
Presiden Jokowi melakukan tandatangan di prasasti sebagai bukti peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Acara tersebut dilanjutkan dengan melakukan penekanan layar sentuh dan tandatangan peresmian di prasasti.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung WHOOSH saya nyatakan dioperasikan,” tandasnya.

Kereta cepat yang dibangun sejak 2016 ini memiliki panjang trek sampai 142 kilometer yang menghubungkan Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, hingga Stasiun Tegalluar.

Dengan kecepatan rata-rata mencapai 350 kilometer per jam, kereta cepat hanya perlu waktu 300-45 menit untuk menyambungkan Jakarta dan Bandung.

Penetapan Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung Pasca Diresmikan

Setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, KCIC akan mengoperasikan dengan program gratis untuk delapan perjalanan yang mencakup 4 perjalanan dari Halim dan 4 perjalanan dari Tegalluar.

Adapun tiketnya bisa dicek di situs kcic.go.id sehingga masyarakat bisa langsung memesan tiket sesuai jadwal dan rute yang diinginkan yang masih tersedia.

Sesuai dengan arahan pemerintah, program gratis tersebut akan berlangsung sampai pertengahan Oktober 2023.

Setelah itu pihak KCIC akan memberikan informasi kembali ke publik terkait skema dan tarif yang akan diterapkan.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow