TANGSELIFE.COM – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2024 dipastikan akan mendapatkan tambahan jumlah pemilih baru.

Penambahan pemilih baru tersebut disebabkan karena adanya imigrasi pencatatan penduduk yang sebelumnya ber-KTP Jakarta menjadi ber-KTP Tangsel.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, hingga saat ini tercatat ada 20.245 warga yang sudah mengurus perpindahan KTP dari Jakarta ke Tangsel.

“Hingga hari ini tercatat sudah ada 20.245 warga yang mengurus adminduk dari yang sebelumnya KTP Jakarta menjadi KTP Tangsel,” kata Dedi Budiawan ketika dihubungi Tangselife.com, Rabu, 17 Juli 2024.

Dedi menyebut, puluhan ribu masyarakat yang mengurus perpindahan memiliki latar belakang yang berbeda.

Namun mayoritas di antaranya merupakan mereka yang selama ini bekerja di Jakarta.

“Rata-rata mereka beraktivitas di Jakarta tapi tinggal di Tangsel. Karena banyak yang enggan pindah disebabkan takut kehilangan pekerja karena di kantornya dibutuhkan ber-KTP Jakarta,” ungkapnya.

Pemilih Baru di Pilkada Tangsel 2024 Diperkirakan Jumlahnya Lebih Dari 20.000 Warga

Dihubungi terpisah, Komisioner KPU Tangsel Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Widya Victoria membenarkan akan adanya jumlah pemilih baru yang akan bertambah pada Pilkada 2024 mendatang.

“Kurang lebih 20 ribu yang perpindahan dari Jakarta mengurus kemudian ke Tangsel berpotensi menjadi data pemilih di Tangsel,” ungkapnya.

Kendati demikian Widya menerangkan, mereka yang telah memiliki KTP Tangsel tidak serta merta langsung dapat menyuarakan hak pilihnya pada Pilkada di  November mendatang.

Pasalnya terdapat tahapan proses validasi untuk memastikan mereka yang baru memiliki KTP Tangsel memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Tapi kan mereka-mereka ini tetap harus kita cek dulu kelengkapannya, apakah memenuhi syarat sebagai pemilih atau tidak,” ujarnya.

“Karena kan khawatirnya mereka ada yang masih di bawah umur 17 atau mungkin ada di antaranya yang mengikuti pendidikan seperti TNI-Polri atau lainnya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Andre Pradana
Reporter