TANGSELIFE.COM – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 dipastikan mundur ke bulan Agustus 2024.

Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengungkapkan alasan seleksi CPNS mundur jadi bulan Agustus 2024.

Menurutnya, ada kendala penentuan formasi karena sejumlah kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah belum mengajukan formasi yang dibutuhkan.

Sejauh ini, sekitar 97 persen formasi PNS telah selesai verifikasinya, sehingga dalam waktu dekat akan diumumkan sekitar Agustus 2024 untuk rekrutmen CPNS.

Anas menegaskan, usulan formasi CPNS tersebut juga harus diverifikasi. Ia mencontohkan ada kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah yang tak sinkron.

Misalnya saja, Kemenpan RB meminta formasi auditor di posisi tertentu, namun Anas menyebut instansi terkait justru mengajukan formasi tenaga teknis.

“Padahal, tenaga teknis sudah kita kurangi karena nanti terdisrupsi digital. Di situlah kita perlu verifikasi yang diusulkan pemda dan K/L belum sesuai arahan Presiden Jokowi, belu sesuai target prioritasnya,” ucap Anas.

Menpan RB itu menegaskan bahwa seleksi CPNS tidak akan terganggu apalagi tertunda dengan adanya pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Menurutnya, posisi abdi negara tak bisa ditentukan oleh bupati atau kepala daerah.

Di samping itu, Anas menyebut ada sekitar 60 ribu formasi CPNS yang dibuka untuk ditempatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Seleksi CPNS awalnya akan dibuka pada Juni 2024, kemudian beralih ke Juli 2024 dengan total posisi yang dibuka mencapai 1,28 juta.

CASN dibuka untuk 75 kementerian/lembaga dengan 427.850 orang dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 posisi.

Kemenpan RB menjelaskan, 1,28 juta formasi itu untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional.

Kebutuhan total PNS ada 2,3 juta orang yang rencananya akan dipenuhi secara bertahap.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter