TANGSELIFE.COM – Pemerintah memutuskan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79 akan digelar di dua lokasi, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024 mengusung tema ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

Dua lokasi dan tema Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 sekaligus menjadi momentum transisi perpindahan pemerintahan.

“Temanya Nusantara Baru Indonesia Maju yang sudah dirilis pada tanggal 24 Juni yang lalu,” kata Menteri Sekretaris Negara (mensesneg) Pratikno, Kamis 1 Agustus 2024, dikutip dari laman resmi Presiden.

“Ini sekaligus menunjukkan transisi perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara dan sekaligus juga ini adalah transisi untuk keberlanjutan pemerintahan ke pemerintah yang baru nanti,” tuturnya.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

Rangkaian bulan Kemerdekaan RI tahun ini akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan yang akan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, rangkaian kegiatan peringatan HUT dilanjutkan dengan pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo.

Rencananya, acara pengukuhan Paskibraka tersebut akan dilakukan di IKN.

“Upacara penganugerahan tanda kehormatan itu dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. Kemudian pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan diselenggarakan di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD,” terang Pratikno.

Selanjutnya di tahun ini, pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Sebab kegiatan AKRS akan dilakukan secara bersamaan di dua tempat yaitu Taman Kusuma Bangsa di IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata di Jakarta.

“Di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden, kemudian di Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Negara di IKN dipimpin oleh Bapak Presiden.”

“Itu diselenggarakan dini hari tanggal pukul 00.00 tanggal 17 Agustus,” tambah Pratikno.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara Kemerdekaan RI Ke-79 di IKN dengan mengikuti waktu pelaksanaan Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN.”

“Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat, baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka Jakarta,” terangnya.

Agenda Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 turut diramaikan dengan agenda-agenda menarik lainnya seperti prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN, serta pameran arsip kepresidenan.

Pameran yang diselenggarakan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki akan memamerkan arsip dan memorabilia sejarah panjang ibu kota negara Indonesia.

“Pameran bersama arsip kepresidenan diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Otorita IKN, ANRI, Pemprov DKI dan juga Kearsipan Pemprov DIY,” tambah Pratikno.

Pratikno mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut memeriahkan bulan kemerdekaan tahun ini dengan berbagai kegiatan yang positif.

Masyarakat juga diimbau agar dapat mempercantik bangunan, jalan-jalan, serta lingkungan dengan ornamen HUT RI Ke-79.

“Kami mengajak Bapak Ibu, masyarakat Indonesia di seluruh wilayah Indonesia, Bapak, Ibu organisasi pemerintahan, organisasi sosial keagamaan dan juga para pelaku swasta serta juga KBRI dan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri untuk memeriahkan bulan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan yang positif dan menggembirakan.”

“Syahdu, hikmat, tetapi juga meriah,” tutup Pratikno.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter