TANGSELIFE.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan Kantor Presiden dan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) siap digunakan Juli ini.

Dengan rampungnya Kantor Presiden dan Istana Negara di IKN, maka Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di sana.

Rencana upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, akan menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Nusantara secara bertahap.

Upacara direncanakan akan digelar di lapangan depan Istana Presiden, yang berhadapan dengan sumbu kebangsaan serta pemandangan kota IKN.

Kesiapan Kantor Presiden dan Istana Negara di IKN disampaikan Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga.

“Jadi untuk presiden itu ada dua, yakni Kantor Presiden dan Istana Negara, Insya Allah ini juga fungsional pada Juli-Agustus,” ujar Danis Sumadilaga di Jakarta, Kamis 18 April 2024.

Demi mendukung kelancaran upacara HUT RI ke-79, berbagai area selain Kantor Presiden dan Istana Negara di IKN juga ditinjau.

Adapun HUT Kemerdekaan RI ke-79 sekaligus menjadi yang terakhir bagi Presiden Jokowi, yang akan lengser pada Oktober 2024 nanti.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan digantikan oleh presiden dan wakil presiden terpilih Pemilu 2024, yakni Prabowo Subianto dan putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Kantor Presiden dan Istana Negara di IKN Sudah Dilengkapi Internet, Air, dan Listrik

Danis memastikan setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden sudah tersedia jaringan air, utilitas listrik, dan internet.

“Insya Allah itu juga siap jadi bangunan-bangunan di IKN sudah ada air, listrik, dan internetnya,” ujar Danis.

Saat ini, Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN tengah menyiapkan air baku dari intake Sepaku yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke dalam multi utility tunnel (MUT).

Di samping itu, PLN sudah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sekitar 50 MW, serta Telkom telah menyiapkan jaringan internet di dalam box MUT, yang nantinya akan terhubung ke setiap kavling bangunan.

“Insya Allah sudah siap yakni air, listrik, dan internet. Pada saat ini secara paralel bersama dengan penyelesaian gedung kita sudah mulai koneksikan utilitas-utilitas tersebut kepada masing-masing bangunan,” terang Danis.