TANGSELIFE.COM – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan klaim Elon Musk akan berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut mengatakan miliarder sekaligus CEO Tesla itu akan berinvestasi di Indonesia melalui Starlink, anak usaha SpaceX.

Terkait rencana investasi Elon Musk, Luhut mengaku sudah berkomunikasi secara langsung dengan CEO SpaceX tersebut pada Jumat (2/2/2024).

Dalam perbincangannya. Luhut dan Elon Musk membahas rencana pemasangan jaringan internet Starlink di IKN.

“Saya dengan Elon Musk teleponan minggu lalu, hari Jumat. Kan Starlink mau masuk, saya kira hampir selesai persyaratannya,” kata Luhut, Rabu 7 Februari 2024.

Luhut Sebut Elon Musk Bisa Segera ke IKN

Dikatakan Luhut, Elon yang juga pemilik Twitter/ X itu akan segera bertandang ke IKN.

Sebab, begitu Starlink melengkapi persyaratan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), maka Starlink harus segera melakukan proses Uji Laik Operasi (ULO).

Ketika dinyatakan lulus uji dan mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo, maka Elon sudah dapat melakukan peresmian investasinya di Indonesia.

Lebih lanjut, Luhut menyatakan bahwa peresmian investasi Starlink akan diselenggarakan di IKN.

“Dia akan ke IKN, begitu surat persyaratan Kominfo selesai, seminggu kemudian kita kasih issue ULO. Begitu layak operasi jalan, lima hari kemudian dia bisa datang,” tutur Luhut.

“Kalau dia datang, kita sudah usul dia ke IKN, karena dia mau launching katanya di IKN, dan di puskesmas yang dekat IKN,” katanya lagi.

Menurut Luhut, investasi Starlink di IKN sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tersedia jaringan internet yang memadai.

Harapannya, kualitas pelayanan kesehatan di pedesaan, khususnya di puskesmas-puskesmas sekitar IKN, bisa meningkat.

“Puskesmas-puskesmas yang tidak terjangkau dengan komunikasi, dengan Starlink jadi bisa terjangkau, sehingga pelayanan kesehatan di pedesaan itu bisa terjangkau,” tutupnya.

Elon Musk, Tesla, baterai LFP
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk