TANGSELIFE.COM– Baru-baru ini, daycare atau tempat penitipan anak yang bernama Wensen School Indonesia di Depok tengah menjadi sorotan publik.

Daycare di Depok tersebut viral usai beredarnya video kekerasan yang dilakukan oleh ketua yayasan bernama Meita Irianty terhadap salah satu anak asuhnya.

Wanita yang akrab disapa Tata Irianty tersebut kini sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan oleh Polres Metro Depok.

Kasus penganiayaan terungkap setelah ibu korban mencurigai beberapa lebam yang ada di tubuh anaknya dan ia juga mendapat laporan dari guru di sekolah sang anak.

Setelah memeriksakan kesehatan si anak dan mendapat bukti CCTV, ibu korban tersebut langsung melaporkan kasus kekerasan yang terjadi di daycare Wensen School Indonesia ini ke Polres Metro Depok dan juga ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Berkaca dari kasus kekerasan tersebut tentunya ini menjadi pelajaran bagi orangtua agar bisa lebih berhati-hati sebelum menitipkan anak di daycare.

Untuk itu ada beberapa hal wajib yang perlu diperhatikan orangtua sebelum menitipkan anak di daycare.

Simak Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

1. Cek reputasinya

Sebelum menitipkan anak di tempat penitipan ada baiknya orangtua mencari tahun terlebih dahulu tentang reputasi daycare tersebut.

Bisa memerikan ulasan online, referensi dari orangtua lain, hingga membaca ulasan yang ada di media sosial.

Hal ini dilakukan agar orangtua bisa mendapat gambaran terkait kualitas layanan dan kepuasan dari orangtua lain yang pernah menitipkan anaknya.

2. Periksa keamanan dan kebersihannya

Sebelum mentipkan anak ke tempat penitipan maka orangtua bisa datang langsung ke tempat tersebut untuk cek keamanan dan kebersihan lingkungan.

Periksa keamanan tempat penitipan anak dengan memperhatikan aspek CCTV yang tersedia, hingga prosedur masuk-keluar yang ketat.

Selain itu, jangan ragu untuk menanyakan izin resmi dari tempat penitipan anak tersebut, pasalnya daycare terpercaya pasti memiliki izin untuk pengelolannya.

Kemudian, periksa juga kebersihan lingkungan daycare mulai dari area bermain, kamar mandi, hingga area makannya.

Pastikan lingkungan tempat penitipan anak tersebut bersih dan terawat, hal tersebut untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan anak.

3. Telusuri kualifikasi dan pengalaman staf

Orangtua juga harus mengecek latar belakang pendidikan dan pelatihan dari staf daycare yang akan merawat anaknya.

Selain itu, periksa juga pengalaman kerja mereka, mulai dari berapa lama mereka telah bekerja dan pengalaman mereka mengasuh anak dengan usia yang sama.

4.Rasio anak dan pengasuh

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menitipkan Anak di Daycare

Sebelum menitipkan anak ke daycare, orangtua juga harus memastikan jumlah anak yang diasuh.

Pastikan satu pengasuh tidak mengurus terlalu banyak bayi dan anak-anak, hal ini perlu jadi pertimbangan agar si kecil bisa selalu terjaga dan terpantau.

Idealnya, satu pengasuh di tempat penitipan anak ini mengasuh 3-4 bayi atau balita berusia 1-2 tahun.

Untuk anak-anak berusia 2–3 tahun, satu pengasuh biasanya dapat mengawasi 4–6 anak.

Sementara itu, untuk anak-anak yang lebih tua, di atas usia 3–4 tahun, satu pengasuh dapat mengurus sekitar 6–10 anak.

Mempertimbangkan rasio anak dan pengasuh ini penting untuk memastikan agar si kecil bisa belajar, berinteraksi, dan terjaga dengan baik.

5. Cek jadwal harian

Sebagai tempat penitipan anak pastinya harus memiliki jadwal terstruktur dan teratur untuk berbagai kegiatan anak, seperti aktivitas fisik, waktu istirahat, makan, dan bermain.

Pastikan daycare tersebut memiliki aturan dan batasan terkait waktu untuk menonton TV dan video, serta konten yang disajikan harus bersifat edukatif.

Ciri tempat penitipan anak yang baik adalah memiliki kegiatan bervariatif yang bisa mendukung stimulasi perkembangan anak.

6. Cek menu makanan harian

Bagi orangtua yang ingin menitipkan anaknya bisa menanyakan tentang menu makanan yang disajikan setiap harinya.

Jangan lupa untuk beri tahu pihak penitipan anak tersebut jika si kecil memiliki alergi atau ada jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi.

Minta untuk pengasuh juga memfotokan porsi makan anak setiap harisnya, sebelum dan sesudah dimakan agar orangtua bisa melihat seberapa banyak nutrisi yang didapatkan anak.

7. Jaga komunikasi

Para orangtua yang menitipkan anaknya ke daycare bisa memntau perkembangan melalui laporan yang dikirimkan oleh pihak penitipan anak tersebut.

Ciri tempat penitipan anak yang baik adalah yang tidak menutupi peristiwa apa saja yang terjadi dengan anak-anak dan kegiatan yang dilakukan, semuanya harus terdokumentasi.

Bentuk dokumentasi atau laporan yang bisa orangtua minta berupa foto atau video dan penjelasan tentang semua kegiatan si buah hati.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter