TANGSELIFE.COM– Olahraga lari kini sedang populer di kalangan masyarakat, mulai dari anak muda hingga orang tua.

Pasalnya, lari dinilai sebagai olahraga yang relatif mudah dan fleksibel yang bisa dilakukan di mana saja.

Berbarengan dengan itu, kini peralatan atau gadget untuk lari sebagai alat pendukung juga bertebaran, mulai dari smartwatch, heart rate monitor, dan lain-lainnya.

Adanya gagdet tersebut membuat olahraga lari menjadi lebih mudah, sebab pengguna bisa meningkatkan kemampuan berlarinya serta mengukur kesehatan dirinya.

Contohnya pengguna bisa memanfaatkan gadget untuk lari ini sebagai pengukur kecepatan detak jantung hingga mengukur jarak tempuh.

Lantas, apa saja gadget yang dibutuhkan untuk olahraga lari? berikut ulasannya.

Daftar Gadget untuk Mendukung Olahraga Lari

1. Smartwatch

Gadget untuk mendukung olahraga lari yang bisa disiapkan oleh pemula adalah smartwatch.

Fitur yang ada di smartwatch ini sangat membantu untuk pelari mengetahui detak jantung, estimasi kalor yang terbakar, serta capaian jarak dan waktu tempuh.

Selain itu, dengan smartwatch ini juga akan memudahkan agar pengguna tidak perlu repot membawa smartphone untuk komunikasi.

Smartwatch ini juga bisa diinstal aplikasi olahraga yang menyajikan fitur tambahan untuk memaksimalkan pegerakan pengguna.

Keunggulan lainnya adalah adanya fitur anti air di smartwatch, sehingga aman jika terkena keringat atau air hujan.

Pilihan smartwatch yang bisa digunakan di antaranya Apple Watch dari Apple, Galaxy Watch dari Samsung, Mi Watch dari Xiaomi, dan lain-lainnya dengan harga mulai Rp400-an.

Gagdet untuk olahraga lari

2. Smartband

Selain smartwatch, gadget untuk lari berikutnya adalah smartband yang memiliki fitur lebih ringkas dan bobot lebih ringan.

Smartband memiliki fitur yang tidak secanggih smartwatch dan tidak bisa dipakai untuk instal aplikasi lain.

Meski begitu, smartband juga bisa mencatat detak jantung, jarak, hingga mengukur waktu tempuh ketika berlari.

Lalu, smartband juga bisa digunakan untuk mencatat kadar oksigen ketika berlari dan juga dibekali dengan fitur tahan air.

Beberapa contoh smartband yang bisa dipakai untuk pemula ada dari brand Mi Band, Oppo Band, dan lain-lainnya dengan harga mulai Rp500-an.

3. Heart rate monitor

Gagdet untuk olahraga lari

Gadget untuk mendukung olahraga lari berikut adalah heart rate monitor yang berfungsi untuk mencatat detak jantung pengguna secara lebih akurat.

Heart rate monitor ini digunakan oleh pengguna yang memang sudah gemar berlari dan ingin meningkatkan kemampuan berlarinya.

Fitur lainnya yang ada di heart rate monitor di antaranya bisa mencatat gerkan pengguna mulai dari panjang langkah dan waktu menapak tanah.

Contoh heart rate monitor adalah Garmin HRM yang dibanderol Rp1 jutaan.

4. Aplikasi olahraga

Selain gadget untuk lari, ada beragam aplikasi yang bisa mendukung para pengguna mulai dari Strava, Relive, Runna, MapMyRun, dan lain-lainnya,

Aplikasi ini dilengkapi dengar fitur GPPS Tracker yang juga bisa diunduh di smartwatch dan smartband.

Selain itu, aplikasi olahraga ini juga bisa digunakan untuk mencatat capaian jarak, waktu tempuh, mecatat pergerakan pengguna secara real time, hingga memberi rekomendasi rute lari.

5. Earphone wireless

Gagdet untuk olahraga lari

Rekomendasi gadget untuk mendukung olahraga lari berikutnya adalah earphone wireless atau bluetooth yang juga populer disebut sebagai TWS (True Wireless Streo).

Meskipun tidak mendukung secara langsung aktivitas berlari pengguna, namun TWS ini bisa memberikan hiburan.

Earphone ini bisa dimanfaatkan untuk mendengerkan musik atau audio lainnya, sehingga olahraga lari tidak terasa membosankan.

Contoh earphone wireless yang bisa dibeli seperti AirPods, Galaxy Buds, Redmi Buds, dan lain-lainya dengan harga mulai Rp200-an.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter