TANGSELIFE.COMAgenda Paus Fransiskus di Indonesia pada hari ini, Kamis 5 September 2024 bisa disimak dalam artikel ini.

Sebagaimana diberitakan, kehadiran Paus Fransiskus di Indonesia merupakan bagian dari kunjungan apostolik Paus di Asia-Pasifik, yang telah diagendakan sejak tahun 2020.

Pimpinan Gereja Katolik seluruh dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan itu tiba di Indonesia sejak Selasa 3 September 2024.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, agenda Paus Fransiskus dijadwalkan Indonesia dijadwalkan sampai dengan hari Jumat, 6 September 2024 esok.

Di hari kedua kunjungannya, Rabu 4 September 2024, Paus Fransiskus telah menjalani sejumlah agenda, termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Lantas, apa saja agenda Paus Fransiskus pada hari ini, Kamis, 5 September 2024?

Simak artikel selengkapnya.

Agenda Paus Fransiskus Hari Kamis, 5 September 2024

Agenda Paus Fransiskus pada hari Kamis, 5 September 2024 diawali dengan menghadiri pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada pukul 09.00 WIB.

Lepas dari Masjid Istiqlal, Paus Fransiskus akan menghadiri pertemuan di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dengan penerima manfaat sebuah organisasi amal.

Sore harinya pada pukul 17.00 WIB, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Misa akbar di GBK akan dihadiri sekitar 89.000 umat Katolik yang datang dari berbagai penjuru wilayah Tanah Air.

Rencananya, Presiden Jokowi akan ikut mengantarkan Paus Fransiskus ke Stadion GBK untuk memimpin Misa Agung sore nanti.

Jokowi tidak ikut masuk ke Stadion GBK, melainkan hanya menemani Paus saat berganti mobil dari Toyota Innova Zenix ke mobil Pindad Maung semiterbuka yang akan digunakan untuk menyapa umat.

“(Jokowi) tidak masuk GBK, tetapi ketika Bapa Suci pindah mobil dari mobil putih ke mobil yang Maung,” jelas Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, Rabu 4 September 2024.

“Menurut rencana kemarin, Presiden juga akan menyalami ‘selamat menjalankan ibadah’ lalu kembali. Itu kami tafsirkan sebagai wujud hospitalitas bangsa Indonesia yang sangat baik,” tutur Ignatius.

Memimpin Misa Agung di Stadion GBK sekaligus menjadi jadwal pamungkas Paus Fransiskus di Indonesia.

Paus Fransiskus akan bertolak dari Indonesia pada Jumat 6 September 2024 pukul 09.45 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dien
Reporter