TANGSELIFE.COM – Literatif Festival 2024 yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diapresiasi.

Apresiasi itu diberikan oleh para pengunjung yang menghadiri pembukaan Literatif Festival 2024, Senin, 9 September 2024.

Salah satu pengunjung dan anggota APISI (Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia), Evi Sofia (46) mengatakan, kegitan festival literasi di Tangsel itu menarik dan menginspirasi.

“Acara ini sangat menarik, sangat menginspirasi sekolah-sekolah di Indonesia untuk terus berliterasi, membaca dan membiarkan anak-anak sekolah dasar agar mencintai membaca. Jadi sebuah inspirasi, semoga di Banten, nanti di wilayah yang lain juga bisa digelar,” katanya usai pembukaan.

Literatif Festival 2024
Sejumlah pengunjung Literatif Festival 2024 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Tangerang Selatan, Senin, 9 September 2024.

Apresiasi juga datang dari pengunjung Zairona (36) dan Silvia Andriyani (30). Dua guru SD Cipayung 03 itu juga mengapresiasi Literatif Festival 2024.

“Acaranya bagus, keren apalagi kan ini literasi festival ya jadi buat menemukan semangat baca anak-anak, terutama anak SD banyak lomba-lomba juga dan dilihat dari antusias dari anak-anak juga lumayan besar,” ungkapnya.

Keduanya juga bilang, mengapresiasi antusiasme peserta lomba. Pasalnya, saat mendaftar, keduanya hampir tak dapat kuota karena sudah penuh.

“Karena memang tadi kita baru lomba ikutin yang tingkat 1 sampe kelas 3 ternyata bukan kelas 3-nya saja tapi kelas 1-nya juga udah banyak minat-minat untuk ngebaca lomba-lomba di depan tampil, itu udah keren banget,” paparnya.

“Kemarin pas kita pendaftaran, itu kuotanya 1 menit udah tertutup. Udah mulai rame yang daftar ya, makanya kita terpaksa waiting list, tapi akhirnya tetep bisa,” sambungnya.

Literatif Festival 2024 Tingkatkan Minat Baca Siswa

Guru lainnya Siti Komariah (57) menuturkan, Literatif Festival 2024 ini menjadi pemicu untuk menarik minat baca anak-anak.

“Festival Literasi 2024 ini sangat bagus. Acara ini berhasil menarik minat anak-anak untuk terus membaca, dan juga memberikan dorongan kepada guru-guru untuk lebih mengutamakan literasi. Antusiasme anak-anak terlihat cukup besar, dan itu sangat menggembirakan,” tuturnya.

Literatif Festival 2024
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat mencari buki favoritnya di bazar buku Literatif Festival 2024 di DPK Kota Tangsel, Senin, 9 September 2024.

Tak hanya itu, Siti Komariah juga bilang, kegiatan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tangsel itu membantu meningkatkan minat siswa untuk datang ke perpustakaan.

“Acara seperti ini juga bisa memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan, baik di sekolah maupun perpustakaan keliling yang kadang-kadang datang ke sekolah,” ungkapnya.

Dia berharap, Pemerintah Kota Tangsel melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tangsel rutin menggelar kegiatan literasi yang menarik siswa.

“Saya sangat berharap acara seperti ini dapat terus diadakan dan mungkin ditingkatkan dan digelar berkala. Jika ada kesempatan, sekolah juga bisa membawa beberapa siswa untuk melihat lebih jauh fasilitas perpustakaan dan program-program yang ada. Dengan cara ini, siswa tidak hanya mendapat pengalaman sekali saja, tetapi juga bisa terus termotivasi untuk membaca,” tutup Siti Komariah.

Diketahui, Literatif Festival 2024 ini digelar oleh DPK Kota Tangsel pada 9-12 September 2024.

Ada berbagai aktivitas literasi, mulai dari book and walk, lomba mewarnai, lomba membaca nyaring, lomba bertutur, lomba membaca puisi, bazar buku, demo masak, performance musik, workshop & live mural hingga sesi bedah buku dari penulis ternama. (Muhammad Rafi Azhar/ MG UMJ)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter