TANGSELIFE.COM– Kumpulan doa Maulid Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan untuk dibaca sebagai salah satu amalan sunnah.

Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam Kalender Hijriah, adapun jika mengacu pada kalender masehi maka diperkirakan jatuh pada hari Senin, 16 September 2024.

Hari Maulid Nabi ini adalah untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai momentum untuk mengingat perjuangan hidup dan dakwahnya demi kebermanfaatan banyak umat.

Bagi umat Islam salah satu cara untuk menyambut Maulid Nabi dan amalan yang dianjurkan adalah dengan memanjatkan sejumlah doa.

Dengan membaca doa Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk kegembiraan umat Islam dalam menyambut hari kelahiran Rasulullah SAW.

Lantas, apa saja doa-doa yang dibaca pada Maulid Nabi Muhammad SAW?

10 Daftar Doa Maulid Nabi Muhammad SAW dan Artinya

Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW 2024
Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 Jatuh pada Hari Senin, 16 September 2024

1. Doa Menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 2024

Allaahumma baarik lanaa fi khootimati syahrina Hadza, wa aqdim ‘alainaa Robi’uul awwali bisholaahil balaadi wal ‘ibaadi wa daf’il balaa-i wal fasaadi watafriiji karbi ummati habibika Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallama fil kholfii wal baadi Ya Kariim ya Juwaad

Artinya: ” Ya Allah berkahilah kami di pengujung bulan (Safar) ini dan datangkanlah kepada kami bulan Rabiul Awal dengan diberi kebaikan kepada negara dan orang-orang di dalamnya. Diangkatkan bala dan kerusakan dan hilangkanlah kesedihan, kesusahan umat Nabi Muhammad SAW yang tersembunyi atau yang terlihat, wahai yang Maha Mulia dan Maha Dermawan.”

2. Doa Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 dengan Sholawat Nariyah

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihi-ḫawâiju wa tunâlu bihir-ghara’ib wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

3. Doa Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 dengan Sholawat Ummi

Allahumma sholli’alaa sayyidinaa muhammadin abdika wanabiyyika wa Rosuulika Nabil Ummy wa a’laa alihi wa shohbihi wasillam.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw, sebagai hamba, Nabi, dan utusan-Mu yang Ummy (tidak bisa membaca dan menulis) beserta keluarga dan sahabatnya dengan salam yang sesungguhnya.”

4. Doa Maulid Nabi 2024 dengan Sholawat Ibrahimiyah

Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammadin, kamaa shallaita’alaa Ibrahiim wa’alaa aali Ibrahiima, wabaarik’alaa Muhammadin wa’alaa aali Muhammadin, kama baarakta’alaa Ibraahim wa’alaa aali Ibrahiima, fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid.

Artinya: “Ya Allah, limpahkan lah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

5. Doa Maulid Nabi 2024 dengan Sholawat Nuril Anwar

Allahumma sholli ‘ala nuril anwar wa sirril asrar wa tiryaqil aghyar wa miftahi babil yasar sayyidina wa maulana muhammadinil mukhtar wa alihil ath-har wa ash-habihil akhyar ‘adada ni’amillahi wa ifdhalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholat atas cahaya di antara segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka dan pembuka pintu kemudahan, junjungan kita Nabi Muhammad, manusia pilihan, juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang baik, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya

6. Doa Maulid Nabi 2024 dengan Sholawat Fatih

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqo, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim. Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala ālihi, wa ashabihi haqqa qadrihi wal miqdari hill ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

7. Doa Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 dengan Sholawat Singkat

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Artinya : Ya Allah berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

8. Doa Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 dengan Sholawat Imam Sayfi’i

Allâhumma shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man shalla ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin bi ‘adadi man lam yushalli ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ amarta bish shalâti ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tuḫibbu an yushallâ ‘alaih. Wa shalli ‘alâ muḫammadin kamâ tanbaghish shalâtu ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat (rahmat) kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak jumlah orang yang bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebanyak jumlah orang yang tidak bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW ,sebagaimana Engkau perintahkan untuk bershalawat kepadanya. Limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Engkau suka dibacakannya shalawat atasnya. Limpahkanlah pula shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana selayaknya ucapan shalawat atasnya.”

9. Doa Maulid Nabi dengan Sholawat Busyro

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha. Wa ahlana wa auladana wa jami’I masyayikhina wa mu’allimina wa thalabatana wa thalibatina Min yaumina hadza ila yaumil akhirah.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan keselamatan atas baginda kami, Nabi Muhammad sebagai pembawa kabar gembira dengan berkah shalawat yang (juga) dapat memberikan kebahagiaan kepada kami, keluarga kami, anak-anak kami dan seluruh guru-guru kami dan orang yang senantiasa mengajarkan ilmunya kepada kami. Juga kepada murid-murid kami sejak hari ini hingga hari kiamat kelak.”

10. Doa Penutup Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 2024

Allaahumma innii as’aluka minal khayri kullihii ‘aajilihii wa aajilihii ma laimtu minhu wa maa lam a’lam, wa a’uudzu bika minas syarri kullihii ‘aajilihii wa aajilihii ma laimtu minhu wa maa lam a’lam, wa as’alukal jannata wa maa qarraba ilayhaa min qawlin wa ‘amalin, wa ‘uudzu bika minan naari wa maa qarraba ilayhaa min qawlin wa ‘amalin, as’aluka minal khayri mā sa’alaka ‘abduka wa rasūluka Muhammadun shallallaahu alayhi wa sallama, wa asta’iidzuka min ma-sta’aadzaka minhu ‘abduka wa rasuuluka Muhammadun shallallaahu alayhi wa sallama, wa as’aluka maa qadhayta lii min amrin an taj’ala aaqibatahuu rasyadaa bi rahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu kumohon kebaikan dengan segala jenisnya baik dalam waktu dekat maupun waktu jauh di depan, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Kepada-Mu juga aku berlindung dari segala keburukan dengan segala jenisnya baik yang dalam waktu dekat maupun waktu jauh di depan, baik yang kuketahui maupun yang tidak kuketahui. Ya Allah, kepada-Mu kumohon surga serta ucapan dan tindakan yang mendekatkanku padanya. Kepada-Mu aku berlindung dari neraka surga serta ucapan dan tindakan yang mendekatkanku padanya. Aku memohon kebaikan apa saja yang pernah diminta oleh hamba dan rasul-Mu Muhammad saw. Aku juga berlindung kepada-Mu dari keburukan apa saja yang pernah dimintakan perlindungan oleh hamba dan rasul-Mu Muhammad saw. Aku juga memohon kepada-Mu agar kesudahan dari apa yang Kautentukan dapat menjadi petunjuk bagiku dengan rahmat-Mu, wahai Zat yang maha pengasih,

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter