TANGSELIFE.COM – Prabowo Subianto resmi dilantik menjadi presiden Republik Indonesia dan Gibran Rakabuming Raka menjadi wakil presiden RI untuk masa jabatan 2024-2029.

Peresmian jabatan tersebut dilakukan setelah mereka mengucapkan sumpah jabatan di depan sidang paripurna MPR pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Dalam sumpah tersebut Prabowo berjanji akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada Nusa dan Bangsa.

Setelah Prabowo, sumpah jabatan dilanjutkan oleh Gibran Rakabuming sebagai wakil presiden RI.

Proses pelantikan Prabowo-Gibran dimulai sejak pukul 10.00 WIB di Gedung Nusantara MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat yang dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh presiden, wakil presiden, dan pimpinan MPR. Kemudian berita acara pelantikan Prabowo-Gibran diserahkan oleh pimpinan MPR.

Presiden Prabowo juga telah melakukan pertukaran tempat duduk dengan Joko Widodo. Prosesi ini diikuti dengan pertukaran tempat duduk Ma’ruf Amin dengan Gibran Rakabuming.

Setelah itu, Prabowo menyampaikan pidato pertama sebagai Presiden ke-8 RI dalam sidang.

Kini, Prabowo-Gibran sedang melakukan iring-iringan dari Gedung Parlemen ke Istana Negara, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Prabowo menyapa para rakyat dari mobil di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter