TANGSELIFE.COMGanjar Pranowo kunjungi Kesultanan Banten Lama, minta petuah para tokoh agama Banten.

Bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo melakukan silahturahmi ke Kesultanan Banten Lama di Kota Serang, Banten, Minggu, 28 Mei 2023.

Ganjar tiba di Kesultanan Banten dengan mengenakan baju koko putih didampingi Ketua Tim Koordinasi Relawan Ganjar Pranowo for President 2024, Ahmad Basarah.

Kedatangan Ganjar disambut Dewan Pembina Kenadziran Kesultanan Banten KH TB Hasan Fuad.

Dalam kesempatan itu, Ganjar diberikan kain hitam bercorak cokelat dan kopiah khas Banten.

Setelah melakukan ramah tamah, Ganjar langsung diajak menuju Makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kompleks Masjid Agung Banten untuk melakukan ziarah kubro.

Ganjar disambut tabuhan rebana dan lantunan selawat serta ayat-ayat suci Alquran dan juga sejumlah peziarah yang kebetulan ada di lokasi.

Dalam kunjungannya, Ganjar mengaku mendapat petuah-petuah dari para tokoh agama Banten.

Ganjar juga mendengarkan penuturan para tokoh Provinsi Banten yang menceritakan sejarah Kesultanan Banten dan Masjid Agung Banten.

Kedua tempat itu memang merupakan tempat yang bersejarah saat perlawanan penjajahan oleh Sultan Maulana Yusuf.

Kesultanan Banten itu didirikan oleh Sultan Maulana Yusuf yang merupakan putra Sunan Gunung Djati pada abad ke-16 silam.

“Saya datang untuk mendengarkan petuah dari orang tua. Kalau mau belajar toleransi ya di sini,” ujar Ganjar saat ditemui di Kesultanan Banten, Minggu, 28 Mei 2023.

Ganjar juga mendapat penjelasan dari keluarga Kesultanan Banten kalau sejak tahun 1.566 masehi Kesultanan Banten berdiri dan menjadi pusat peradaban.

Dalam masa keemasannya itu, di bumi Banten bagaimana toleransi berjalan dengan baik. Buktinya,tidak jauh dari area masjid ada tempat ibadah agama lain.

“Jadi, tempat ibadah lain ini yang diizinkan dibangun oleh Sultan Maulana Yusuf. Pembelajaran yang berharga untuk saling hormat menghormati,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah itu pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga Kesultanan Banten yang telah mengajak dirinya berkeliling dan mengenal sejarah Banten.

“Saya terima kasih diantar keluarga sultan berkeliling dan dapatkan banyak cerita sejarah. Sempat berdoa bersama juga. Mudah-mudahan jadi kebaikan bersama,” papar Ganjar juga.

Ganjar Pranowo Kunjungi Kesultanan Banten Didukung Jawara Banten

Sehari sebelumnya, Ganjar Pranowo menghadiri pertemuan dengan para tokoh dan sesepuh Provinsi Banten, Sabtu 27 Mei 2023.

Dalam sambutannya, Ganjar mengatakan Provinsi Banten merupakan daerah yang kuat dari sisi agama hingga kekayaan seni budayanya.

“Banten ini penyangga ibu kota Jakarta, industri dan budayanya luar biasa,” terang Ganjar dalam pertemuan di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu, 27 Mei 2023.

Dalam pertemuan itu juga, Ganjar mengaku merasakan getaran kebudayaan yang ada di Provinsi Banten tersebut.

Sementara itu, Budayawan Banten Abah Elang Mangkubumi menyebut kalau Ganjar merupakan Presiden Indonesia berikutnya.

Pria yang juga dikenal sebagai Pembina Majelis Djikir Bumi Alit Padjadjaran Cikeusal, Serang Banten itu mengatakan jawara Banten siap mendukung Ganjar sebagai Capres di Pemilu 2024.