Tangselife.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo wafat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta pada pukul 11.00 WIB.

Tjahjo, wafat pada usia 65 tahun setelah menjalani perawatan intensif sejak 20 Juni 2022 lalu. Berikut profil Tjahjo Kumolo dirangkum dari website resmi tjahjokumolo.id.

Tjahjo Kumolo merupakan politikus kelahiran Surakarta Jawa Tengah 1 Desember 1957. Dia menjadi menteri di dua periode era Presiden Jokowi.

Pada 2014-2019, Tjahjo ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Dalam Negeri pada Kabinet Kerja.

Periode berikutnya, Tjahjo kemudian dijadikan Menpan-RB pada 2019 hingga saat ini di era Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya, Tjahjo merupakan anggota DPR RI tahun 2009-2014 dari wilayah pemilihan Jawa Tengah 1 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Tjahjo juga ditunjuk menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Selain karir politiknya di pemerintah ah, karirnya di partai juga moncer. Tjahjo dipilih oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan periode 2010-2015 setelah menjabat sebagai Ketua DPP Bidang Politik PDI-P.

Tamatan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro 1985 dan Lemhanas 1993 itu kemudian ditunjuk menjadi Ketua Sukses Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 2014.

Tjahjo Kumolo sebelumnya juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Golongan Karya.