TANGSELIFE.COM – Tampak berapi-api, Bunda Corla menyoroti aturan batas usia kerja di Indonesia yang cukup membuatnya muak.

Pendapat Bunda Corla tentang batas usia kerja di Indonesia dibeberkannya saat menjawab pertanyaan salah seorang netizen.

Seorang netizen bertanya terkait batas usia kerja di Jerman pada Bunda Corla saat sedang melakukan siaran live di media sosial.

Netizen itu bertanya di tempat tinggal Bunda Corla saat ini, yakni di Jerman, orang berusia 30 tahun masih bisa mendapatkan pekerjaan atau tidak.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Corla memberikan jawaban dengan terlihat sedikit baik darah.

Ia menegaskan bahwa di Jerman tidak ada batas usia untuk bekerja, sebuah aturan yang menurutnya sangat berbanding terbalik dengan di Indonesia.

“Bisa sampai umur kau bongkok. Enggak pake-pake umur di sini. Di sini (Jerman) enggak kayak di Indonesia,” ujarnya.

Bunda Corla Sebut Indonesia Ketinggalan Zaman

Masih berapi-api ditanya soal batas usia kerja, Corla menyebut Indonesia ketinggalan zaman.

Menurutnya, aturan batas usia kerja di Indonesia justru menjadi salah satu penyumbang tingginya angka pengangguran di negeri ini.

“Indonesia ketinggalan zaman, masih aja mikirin umur. Makanya banyak pengangguran.”

“Makanya Indonesia enggak kaya-kaya, penduduknya miskin semua. Karena apa? Karena pemerintahnya memiskinkan rakyatnya sendiri.”

“Bukan rakyatnya yang miskin, pemerintahnya memiskinkan rakyat karena tidak memberikan pekerjaan,” tuturnya.

Padahal, lanjutnya, selama seseorang bertekad dan bisa bekerja, usia tidak dapat dijadikan patokan seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

“Alasannya apa masih memilih umur lah tetek-bengek segala macam, banyak sekali seleksinya. Yang penting mereka bisa kerja, bisa diajarin,” kata Corla.

Aturan terkait batas usia dan pengalaman kerja itu pula yang diakui Corla membuatnya tidak suka dengan negaranya sendiri.

“Udah mesti cari yang pengalaman, pengalaman apa, naik kapal laut? Indonesia ini kadang-kadang ini yang bikin aku enggak suka,” ujarnya lagi.

Tak sampai di situ, Corla juga menyoroti tingginya angka pengangguran di Indonesia.

Menurutnya, kriteria batas usia 25 tahun yang ditetapkan suatu perusaahan tidak manusiawi.

“Bagaimana manusia bisa berkembang dengan hidupnya, bagaimana bisa maju dengan ekonomi, itulah pepatah yang kaya makin kaya yang miskin makan t*i.”

“Sakit hati dengernya jujur sakit hati dengarnya. Umur 30 tahun enggak bisa kerja, batas usia kerja sampai 25 tahun, peraturan apa itu,” tandas Corla.