TANGSELIFE.COM – Opening ceremony Banten Book Fair 2024 sukses dilaksanakan pada Selasa, 14 Mei 2024 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten yang ada di kawasan Serang.

Upacara pembukaan acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, penulis, penerbit, serta masyarakat umum yang antusias dengan dunia literasi.

Acara yang berlangsung selama 14-18 Mei 2024 ini menjadi salah satu rangkaian acara peringatan Hari Buku Nasional yang peringati setiap 17 Mei.

Peringatan tersebut juga sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional.

“Banten Book Fair 2024 sebenarnya rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Buku yang jatuh pada 17 Mei. Jadi setiap tanggal 17 Mei sejak 2002 itu dirayakan sebagai Hari Buku Nasional berbarengan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Perpusnas,” kata Evi Syaefudin selaku Kepala Bidang Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten.

Evi Syaefudin melanjutkan, Banten Book Fair 2024 menjadi wadah yang mempertemukan antara pembaca dengan penerbit dan pembaca dengan penulis sehingga mereka bisa mencari inspirasi baru mengenai dunia perpustakaan atau pengetahuan.

Ia berharap, acara ini bisa semakin meningkatkan minat baca masyarakat Banten agar mereka lebih mencintai buku sebagai sumber pengetahuan.

“Mudah-mudahan ini jadi trigger bagi peningkatan minat baca di masyarakat, khususnya masyarakat Banten ketika mereka lebih mencintai buku. Dengan pengetahuan, keberdayaan masyarakat Banten juga semakin bagus,” ucapnya.

Banten Book Fair 2024 akan menghadirkan sejumlah kegiatan seru, seperti bazar buku, kelas pemustaka, pertunjukan musik, bengkel penulis, book talk, hingga workshop.

Dengan demikian, beberapa narasumber inspiratif akan hadir di beberapa sesi kegiatan Banten Book Fair 2024 untuk berbagi pengetahuan mereka.

Perlu diketahui bahwa Banten Book Fair 2024 tahun ini mengusung tema Join Library. Event ini menyuguhkan 100 persen buku original dan anti bajakan.

Sejumlah buku yang tersedia berasal dari puluhan penerbit ternama, seperti Agromedia, Gramedia, Mizan, Republika, Transmedia, Tangga Pustaka, Ruangkata, dan masih banyak lagi.

Pengunjung yang hadir di sini bisa memanfaatkan diskon gede-gedean sampai 80 persen untuk membeli buku favorit mereka di bazar buku yang tersedia.

Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter