TANGSELIFE.COM– Tips mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami agar bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal.

Berbagam macam cara melangsingkan perut secara alami dicari oleh banyak orang untuk membuat lebih percaya diri dalam penampilan.

Pasalnya, selain dianggap oleh sebagai orang mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

Namun, untuk mengecilkan perut buncit secara alami tentunya tidak mudah dan perlu proses yang cukup panjang.

Jika ingin melangsingkan perut secara alami maka harus dilakukan secara konsisten dan jika diterapkan secara teruse menerus bisa menjadi gaya hidup sehat.

Cara Alami Mengecilkan Perut Buncit Pada Wanita

Dilansir dari website Siloam Hospitals terdapat beberapa cara mengecilkan perut buncit yang aman dilakukan untuk mengurangi penumpukan lemak.

1. Olahraga secara rutin

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang pertama adalah dengan rutin melakukan olahraga untuk membantu membakar kalori.

Olahraga secara rutin bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh agar pembakaran lemak bisa menjadi lebih cepat untuk penurunan berat badan.

Jenis olahraga yang bisa membantu untuk melangsingkan perut di antaranya jogging, jalan kaki, sepeda, zumba, senam aerobik, pilates, hingga berenang.

2. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Untuk melangsingkan perut juga bisa dengan membatasi asupan yang di konsumsi dengan menghindari makanan serta minuman yang tinggi gula.

Pasalnya, makanan dan minuman manis bisa memicu peningkatan berat badan, obesitas, dan meningkatkan kadar hormon insulin yang memicu penyakit diabetes tipe 2.

Maka disarankan untuk menghindari makanan dan minuman yang banyak mengandung pemanis buatan untuk meghindari gangguan kesehatan lainnya.

Anda dapat menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperi buah-buahan, yakni apel, mangga, jeruk, dan lain-lainnya.

3. Perbanyak konsumsi serat dan protein

Cara untuk mengecilkan perut buncit berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi protein dan serat, sebab akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Maka jika Anda ingin melangsingkan perut perlu menghindari makanan yang mengandung banyak gula, karbohidrat, dan lemak jenuh.

Penting untuk mengganti asupan lemak jenuh dengan dengan lemak sehat untuk membantu mengurangi penempukan lemak di perut.

Jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi di antaranya kacang-kacangan, buah alpukat, ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, dan dark cokelat.

4. Batasi konsumsi karbohidrat sederhana

Mengecilkan perut buncit
Jangan konsumsi makanan junk food jika ingin mengecilkan perut buncit

Cara mengecilkan perut buncit secara alami berikut adalah dengan menghindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Selain membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, maka jika ingin melangsingkan perut perlu untuk membatasi konsumsi makanan cepat saji dan bertepung.

5. Kunyah makanan secara perlahan

Cara alami mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami berikutnya adalah dengan memperhatikan ritme mengunyah makanan.

Jangan mengonsumsi makanan terlalu cepat, sebab ini bisa membuat otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengirimkan sinyal rasa kenyang keseluruh tubuh.

Mengunyah terlalu cepat bisa menyebabkan peningkatan asupan kalori secara berlebihan yang memicu timbulnya penumpukan lemak.

6. Tidur yang cukup

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita berikutnya adalah dengan membenarkan pola tidur, waktu yang direkomendasikan adalah 7-9 jam.

Pasalnya, apabila kurang tidur bisa mempengaruhi produksi hormon yang mengatur nafsun makan, sehingga akan membuat seseorang mudah merasa lapar dan asupan tidak terkontrol.

7. Kelola Stress

Stress membuat tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan, sehingga bisa membuat seseorang sulit untuk mengendalikan nafsu makan.

Maka jika ingin mengecilkan perut buncit secara alami perlu juga mengelola stress dan lakukan kegiatan yang positif, seperti yoga, meditasi, journaling, dan lain-lainya.

Jihan Hoirunisa
Editor
Jihan Hoirunisa
Reporter