TANGSELIFE.COM – Setiap tanggal di kalender memiliki sejarahnya sendiri dan punya peringatan penting, tak terkecuali tanggal 25 November 2023 yang pada pekan ini jatuh pada hari Minggu.

Tanggal 25 November ada beberapa peringatan yang diselenggarakan, baik itu bersifat nasional maupun internasional.

Di Indonesia sendiri, tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Peringatannya pun cukup beragam, mulai dari upacara sampai pemberian hadiah kepada guru.

Tak hanya Hari Guru Nasional, pada tanggal 25 November juga diperingati sebagai hari spesial lainnya, seperti HUT PGRI, Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan, Hari Kesadaran Aura Internasional, dan masih banyak lagi.

25 November Ada Peringatan Apa?

1. Hari Guru Nasional dan HUT PGRI

Hari Guru di Indonesia atau disebut dengan Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November.

Selain itu diperingati juga sebagai HUT PGRI (Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia).

Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional, oleh Presiden Soeharto.

Dalam KEPPRES ini dijelaskan bahwa Hari Guru Nasional ditetapkan pada tanggal 25 November karena selama ini tanggal tersebut diperingati sebagai HUT PGRI.

Sementara itu HUT PGRI dirayakan juga sebagai peringatan berdirinya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Seperti dikutip dari laman resmi PGRI, organisasi tersebut resmi dibentuk setelah masa kemerdekaan Republik Indonesia.

Peresmian tersebut berlangsung di Kongres Guru Indonesia di Surakarta di Gedung Somaharsana (Pasar Pon), Van Deventer School, Sekolah Guru Puteri (sekarang SMP Negeri 3 Surakarta).

Tahun ini peringatan Hari Guru Nasional 2023 mengangkat tema ‘Bergerak Rayakan Merdeka Belajar’.

Sementara untuk peringatan HUT Ke-78 PGRI tahun 2023 mengangkat tema ‘Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju’.

2. Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan

Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan atau Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya.

Hari ini secara internasional disebut sebagai International Day for the Elimination of Violence against Women.

Peringatan ini memulai kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang diperingati dari 25 November sampai 10 Desember.

Kampanye yang diselenggarakan UN Women ini berlangsung untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia.

3. Hari Kesadaran Aura Internasional 2023

Hari Kesadaran Internasional dirayakan setiap hari Sabtu keempat di bulan November dan tahun itu jatuh tepat di 25 November 2023.

Seperti dikutip dari National Today, sejarah Hari Kesadaran Aura Internasional mulai diperingati pada tahun 2002.

Peringatan tersebut sebagai bentuk kepercayaan yang diyakini sahih terkait keberadaan aura sebagai energi di sekitar setiap makhluk hidup di dunia ini.

4. Hari Kemerdekaan Suriname

Suriname merayakan Hari Kemerdekaannya setiap tanggal 25 November.

Negara terkecil di Amerika Selatan itu dikenal sebagai negara dengan keberagaman etnis yang tinggi.

Selain itu, negara ini bersih, alamnya mempesona, dan masuk dalam tiga negara di dunia yang memiliki dampak karbon negatif.

Hari Kemerdekaan Suriname menjadi penghormatan untuk sebuah negara dengan semangat yang besar, serta sebagai momen untuk merayakan kesembuhan dan kemajuan luar biasa bangsa tersebut.

5. Hari Kedaulatan Bosnia Herzegovina

Hari Nasional Bosnia dan Herzegovina yang juga dikenal sebagai Hari Kedaulatan, dirayakan setiap tahunnya pada 25 November.

Hari ini memperingati pembentukan kembali Bosnia dan Herzegovina oleh Dewan Pembebasan Nasional Anti-Fasis Yugoslavia pada tahun 1943.

Resolusi Dewan Anti-Fasis menyatakan keinginan bersama Bosnia dan Herzegovina untuk menjadi bagian dari Republik Rakyat Federal Yugoslavia dengan menekankan hak yang setara bagi semua warganya tanpa memandang latar belakang etnis, baik itu orang Serbia, Muslim, atau Kroasia.

6. Hari Bermain Bersama Ayah Nasional

Hari Nasional Bermain bersama Ayah juga jatuh pada tanggal 25 November.

Hari ini diperingati sebagai bentuk mendorong para ayah agar lebih aktif dalam kehidupan anak-anak mereka dan menghabiskan waktu bersama mereka melalui berbagai kegiatan.

Hari ini adalah saat yang pas bagi para ayah merencanakan kegiatan menyenangkan dan seru bersama anak-anaknya.