TANGSELIFE.COM – Sebanyak 1.890 warga Tangsel menjadi relawan kebakaran. Mereka bertugas untuk mengantisipasi kebakaran di lingkungan warga.

Analis Kebakaran Muda Dinas Pemadam kebakaran (Damkar) Kota Tangsel Cecep Iswandi mengatakan, Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) dibentuk di seluruh Kelurahan yang ada di Kecamatan se Kota Tangsel.

Untuk Kecamatan Setu sendiri menjadi Kecamatan terakhir dibentuknya Relawan Pemadam Kebakaran.

Menurut Cecep, Redkar memiliki peran penting untuk melakukan tindakan awal jika didapati adanya kejadian kebakaran di lingkungan.

“Saat ini sebanyak 107 terdaftar di kita sebagai relawan yang ada di Kecamatan Setu,” kata Cecep, saat ditemui di Gedung Serba Guna Perumahan Batan, Kamis, 16 November 2023.

Relawan kebakaran
Sebanyak 1.890 warga Tangsel menjadi relawan kebakaran di bawah naungan Dinas Pemadam Kebakaran Tangsel. Mereka bertugas untuk mengantisipasi kebakaran di lingkungan. (Foto: Andre/tangselife.com)

Cecep mengungkapkan Damkar sendiri menargetkan dapat merekrut 1.890 relawan se-Kota Tangsel.

“Awalnya rencana kita sebanyak jumlah RT yang ada di Tangsel yaitu 3.966 tapi kita Alhamdulillah cukup hampir 50 persen yaitu 1.890 yang terdaftar relawan kebakaran,” tutur Cecep.

Para relawan, lanjut Cecep, akan dibekali dengan pengetahuan dan teknik dasar melakukan pemadaman api dan penanganan hewan liar seperti ular.

“Mereka harus bisa menimimalisir kejadian kebakaran di wilayah masing-masing apabila ada kebakaran kecil mereka bisa menangani sendiri apabila kebakaran memebesar mereka langsung komunikasi ke kita,” ungkapnya.

“Selain pelatihan dasar diberikan penanganan kebakaran, kami juga berikan cara menangani jika ada hewan liar,” pungkas Cecep. (Andre)

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter