TANGSELIFE.COM- Tanggal 1 Muharram 2023 yang merupakan bulan pertama dalam penanggalan tahun baru hijriyah atau kalender Islam bakal segera tiba.

Pasalnya, bulan Dzulhijah akan segera berakhir. Lantas, tanggal 1 Muharram 2023 yang merupakan Tahun Baru Islam itu jatuh pada hari apa?

1 Muharram 2023 jatuh pada 19 Juli 2023 bila merujuk Perubahan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang cuti bersama dan libur nasional tahun 2023.

SKB dikeluarkan 3 menteri yakni Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

SKB tentang libur bersama 1 Muharram 1445 Hijriah atau tanggal 19 Juli 2023 itu tertulis masyarakat mendapat satu hari libur.

Jadi 1 Muharram 2023 jatuh pada hari apa, jawabannya adalah hari Rabu tanggal 19 Juli 2023 berdasarkan penanggalan kalender masehi.

Berikut Amalan 1 Muharram 2023 yang Sangat Baik Bila Dilakukan

Muharram adalah bulan mulia yang menjadi awal tahun dalam kalender Islam. Karena itu umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan baik untuk mendapat pahala.

Segala amalan baik yang dilakukan setiap umat Islam selama bulan Muharram akan diganjar pahala berlipat ganda.

Berikut ini hadis tentang 10 amalan sunnah yang bisa dikerjakan umat Islam selama bulan Muharram.

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ

Artinya: “Ada sebanyak 10 amalan di dalam bulan Asyura, yang ditambah lagi dua amalan lebih sempurna”

“Puasa, sholat, sambung silaturrahim, ziarah orang alim, menjenguk orang yang sakit, dan celak mata.

“Usaplah setiap kepala anak yatim, bersedekah, mandi, menambah nafkah keluarga, memotong kuku, membaca surah Al Ikhlas sebanyak 1.000 kali.”

Berikut Larangan 1 Muharram 2023 yang Bakal Mendapatkan Dosa Besar

Sementara itu, selama Muharram umat Islam dilarang untuk melakukan perbuatan keji. Lantaran ganjarannya adalah siksaan berat dari Allah SWT.

Ganjaran siksa itu seperti ditulis Imam Fakhruddin ar-Razi dalam Tafsir al-Fakhrir Razi juz 16 halaman 53.

Dalam Tafsir al-Fakhrir Razi juz 16 yang terdapat pada halaman 53 itu menjelaskan bahwa setiap perbuatan maksiat di bulan Muharram mendapat siksa yang  dahsyat.

Sedangkan begitu pula sebaliknya, perilaku ibadah kepada Allah SWT akan dilipatgandakan pahalanya, seperti di bawah ini:

وَمَعْنَى الْحَرَمِ: أَنّ الْمَعْصِيَةَ فِيْهَا أَشَدُّ عِقَاباً ، وَالطَّاعَةُ فِيْهَا أَكْثَرُ ثَوَاباً

Artinya: “Adapun maksud dari haram adalah sesungguhnya kemaksiatan di bulan-bulan itu memperoleh siksa yang lebih berat dan ketaatan di bulan-bulan tersebut akan mendapat pahala yang lebih banyak dan besar.”

Bacaan Doa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad saat 1 Muharram 2023

Bulan Muharram merupakan satu di antara dari empat bulan yang suci seperti tertuang dalam kitab suci Al Qur’an.

Amalan saat bulan Muharram selain puasa sunnah yaitu dzikir dan doa kepada Allah SWT yang akan dibalas dengan kebaikan.

Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist mengungkapkan adanya banyak keutamaan saat berdzikir dan doa saat Muharram.

“Barang siapa yang senantiasa beristighfar (meminta ampun kepada Allah), Allah menjadikan setiap kesusahan baginya jalan keluar, setiap kegalauan kelapangan, dan dia diberikan rezeki yang tidak dia sangka-sangka” (HR Abu Dawud).

Berikut bacaan doa dan dzikir pada hari Asyura yang sangat baik dibaca pada tanggal 10 Muharram 2023.

Seperti yang dianjurkan Imam Al-Ajhuri, uma muslim bisa berdzikir meminta kepada Allah SWT perlindungan dari hal buruk setahun ke depan.

Berikut bacaan dzikir saat hari Asyura yang bisa diamalkan 70 kali:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلِ نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: Cukuplah Allah (yang akan menjadi penolong) bagi kami dan Dia adalah sebaik-baik pelindung dan penolong.