TANGSELIFE.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi masuknya musim kemarau di sejumlah wilayah Indonesia.

Ancaman kekeringan diperkirakan hadir di sejumlah wilayah Indonesia mulai Juni hingga September 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, BMKG menekankan pentingnya operasi modifikasi cuaca dalam menghadapi kerawanan kekeringan saat musim kemarau tiba.

Melalui situs resminya, BMKG menyebut bahwa sebagian besar wilayah Indonesia masih mengalami hujan dan Hari Tanpa Hujan (HTH) kategori sangat pendek (1-5 hari).

Adapun HTH kategori Sangat Panjang (31-60 hari) terjadi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi Selatan.

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menekankan pentingnya kerawanan kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Daerah Masuk Musim Kemarau 2024

BMKG juga telah memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia yang akan mengalami kemarau dalam tiga bulan ke depan.

Pada bulan Juni, musim kemarau akan melanda:

  1. Sebagian besar Pulau Sumatera
  2. Banten
  3. DKI Jakarta
  4. Jawa Barat
  5. Kalimantan Timur
  6. Kalimantan Barat
  7. Kalimantan Selatan
  8. Sulawesi Selatan
  9. Gorontalo
  10. Sulawesi Tenggara
  11. Maluku bagian Kepulauan Aru dan Tanimbar
  12. Papua
  13. Papua Selatan

Dengan demikian, Dwikorita menekankan perlu adanya penguatan kapasitas modifikasi cuaca nasional, termasuk infrastruktur, sumber daya manusia, dan dukungan dari berbagai kementerian/lembaga.

Selain itu, potensi kebakaran di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Nusa Tenggara cukup tinggi dengan sejumlah titik panas yang terdeteksi.

Koordinasi dan dukungan semua pihak cukup penting untuk mengatasi tantangan ini.

Menkopolhukam Hadi Tjahjanto mengungkapkan, sebelum memasuki puncak musik kemarau, pihaknya akan melakukan penyemaian awan dan menurunkan hujan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Disebutkan olehnya ada 6 provinsi prioritas yang sudah direncanakan untuk melakukan TMC, termasuk laporan dari seluruh provinsi yang sudah menjadi target pelaksanaan TMC.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Whatsapp Channel Tangselife di Ponsel Kamu
Dwi Oktaviani
Editor
Dwi Oktaviani
Reporter