TANGSELIFE.COM – Ratusan petugas gabungan hingga kini masih berjibaku berupaya memadamkan api di TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Kobaran api di TPA Rawa Kucing terhitung telah berkobar selama 24 jam sejak pertama kali menyala pada Pukul 14.00 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023.

Pada hari Sabtu pagi kebakaran TPA Rawa Kucing terpantau cukup terkendali, walau masih didapati adanya asap putih namun intensitas api sudah berkurang.

Namun, menjelang siang hari kondisi angin berhembus kencang membuat api kembali menyala cukup cepat. Bahkan, api mulai merambat ke pembatas jalan dan membahayakan lokasi sekitar.

Kondisi kian membahayakan untuk semua pihak, terutama para petugas yang masih berjuang di lapangan.

Pasalnya, asap terlihat memenuhi hampir seluruh area TPA Rawa Kucing, bahkan jarak pandang dikabarkan hanya sekitar lima meter saja.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan, mengatakan segala penanganan hingga saat ini tanpa henti terus dikerahkan.

Mulai dari pemadaman dengan air, pengerukkan sampah dengan alat berat, hingga mengambil tindakan pengungsian untuk warga sekitar.

“Penanganan siang ini cukup penuh perjuangan, karena melawan kecepatan angin yang tak bisa diperkirakan. Bahkan, salah satu kendaraan petugas jenis Avanza telah terbakar, karena situasi cukup sulit dikendalikan,” ungkap Maryono.

Puluhan Warga Dievakuasi

Kobaran api dari arah pintu tiga TPA Rawa Kucing dikabarkan cepat melebar terbawa angin hingga mendekati pemukiman.

Wali kota Tangerang, Arief Wismansyah, mengatakan, terdapat puluhan warga yang berada dekat TPA Rawa Kucing dievakuasi sementara ke Kantor Kecamatan Neglarasi.

Pasalnya asap pekat kembali membumbung yang dikhawatirkan akan berdampak terhadap penyakit akibat menghirup asap kebakaran.

“Sementara kita evakuasi mereka, karena asap dari kebakaran bisa berdampak buruk bagi kesehatan warga sekitar,” kata Arief Wismansyah.

“Saat ini ada 34 warga yang telah dievakuasi, 19 dewasa san 15 anak-anak,” tambah Arief.

BNPB Akan Kerahkan Helikopter Water Bombing

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sendiri saat ini tengah menyiapkan satu unit helikopter untuk membantu proses pemadaman di TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan, helikopter akan dipindahkan dari yang saat ini sedang betugas di Jambi.

“Akan mengirimkan satu unit helikopter water bombing yang akan direposisi dari helikopter yang sedang bertugas di Jambi,” kata Abdul Muhari, dalam keterangannya, Sabtu, 21 Oktober 2023. (Andre).

Sopiyan
Editor