TANGSELIFE.COM – Tiga orang terduga teroris dari kelompok Negara Islam Indonesia (NII) di Tangerang diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Aniteror Polri.

Tiga orang terduga teroris dari NII itu diringkus di wilayah Tangerang, Banten pada Sabtu (16/12/2023).

Tiga orang terduga teroris dari NII itu berinisial A alias AL, H dan SU alias S. Mereka disebut merupakan petinggi NII di Banten dan Nasional.

Juru bicara Densus 88 Aniteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan, tiga orang terduga teroris merupakan kelompok NII Tangerang Raya.

Aswin menuturkan, tiga tersangka itu memiliki perannya masing-masing. Terduga teroris A dan H disebut merupakan petinggi tingkat provisi khususnya di Banten.

“Untuk S merupakan anggtoa struktur di tingkat nasional,” kata Aswin dikutip dari cnnindonesia, Rabu (20/12/2023).

Aswin menuturkan, pihak kepolisian masih memetakan jaringan kelompok NII di Indonesia. Hal ini dilakukan usai jaringan NII dimasukkan kategori Daftar Teroris dan Organisasi Teroris (DTOT) oleh pengadilan.

“Kita terus melakukan penegakkan hukum terhadap mereka yang memiliki tujuan melawan pemerintahan yang sah dan mengganti ideologi,” tutur Aswin.

Polri Amankan 142 Teroris Selama 2023

Sementara itu, Polri saat ini telah mengamankan 142 terduga teroris sepanjang 2023. Mereka yang menjadi tersangka berasal dari beberapa organisasi terduga teroris.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menerangkan, ratusan teroris yang diamankan tergabung dalam jaringan terorisme.

Jaringan terorisme yang dimaksud yakni Jamaah Islamiyah (JI), Jamaah Ansharut Daulah (JAD), dan Negara Islam Indonesia (NII).

“Dari 142 tersangka mereka terbagi ke kelompok jaringan yakni 29 orang JAD, 7 orang JAS, 50 orang JI dan 5 orang NII,” papar Ramadhan saat jumpa pers di Bareskrim Polri, Ranu (20/12/2023).

Ramdhan menerangkan, Tim Densus 88 AT Polri mengamankan para jaringan teroris itu di wilayah Jawa Tengah, Jakarta, Bogor, Bekasi dan Sukabumi.

“Ada juga kelompok yang merencanakan aksi teror di beberapa tempat di Jakarta, Bogor, Bekasi dan Sukabumi,” paparnya.

Intan
Editor
Intan
Reporter