TANGSELIFE.COM– Sebanyak 393 jemaah haji Tangsel berangkat hari ini, dilepas Wali Kota Benyamin Davnie.

Sebanyak 393 jemaah haji asal Tangsel itu terdiri dari 383 jemaah haji dan didampingi oleh 10 petugas haji. Jadi total yang berangkat 393 orang ke Tanah Suci.

Ratusan jemaah haji itu masuk kelompok terbang (kloter) 10 akan secara resmi dilepas Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie dari Islamic Center Serpong, Kamis, 25 Mei 2023 siang.

Jemaah haji Tangsel
Islami Center Serpong yang berlokasi di BSD, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel yang jadi tempat keberangkatan jemaah haji hari ini, Kamis 25 Mei 2023.

“Pelepasan 383 jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan saat bada dzuhur atau sekitar jam 13.00 WIB,” terang Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel Dedi Mahfudin, Kamis, 25 Mei 2023.

Dedi juga mengatakan kalau ratusan jemaah haji asal Tangsel itu akan diangkut menggunakan beberapa bus dari Islamic Center Serpong ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

“Insya Allah para jemaah haji asal Kota Tangsel diterima di asrama haji Pondok Gede sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka akan menginap satu malam di sana,” ucap Dedi juga.

Dia juga mengatakan kalau Kemenag Tangsel sudah mempersiapkan semuanya terkait keberangkatan calon jemaah haji tersebut.

Mulai dari bus, snack ringan, dan nasi box yang akan dikonsumsi jemaah saat berangkat dari Islamic Center Serpong ke Asrama Haji Pondok Gede.

“Termasuk cenderamata dari Pemkot Tangsel yakni kerudung untuk wanita berwarna hijau tosca untuk jemaah perempuan. Sedangkan untuk jemaah haji laki-laki sorban putih,” paparnya juga.

Untuk diketahui, untuk tahun ini calon jemaah haji asal Kota Tangsel yang akan berangkat ke Tanah Suci berjumlah 993 orang.

Padahal sebelumnya ada kuota sebanyak 1.091 calon jemaah haji Kota Tangsel yang berhak berangkat ke Makkah tahun ini.

Namun, calon jemaah yang melunasi biaya perjalaanan haji atau BPIH untuk tahun ini hanya 993 orang. “Sementara yang awal sebanyak 1.094 itu yang berhak melunasi,” ucap Dedi juga.

Setelah dua kali dilakukan perpanjangan masa pelunasan, hasilnya 993 calon jemaah haji yang melunasi. “Mudah-mudahan nanti ada jemaah cadangan lagi yang nambah,” lanjutnya.

Jemaah haji Kota Tangsel yang akan berangkat ke Arab Saudi itu, kata Dedi lagi, sudah melalui hasil validasi oleh bidang PHU Provinsi Banten sebanyak 993 orang.

Sementara itu, salah satu calon jemaah haji Kota Tangsel Farida Eriani warga Jalan Perintis Bawah, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang membenarkan akan berangkat hari ini, Kamis, 25 Mei 2023.

“Benar akan berangkat hari ini. Jadwalnya ke Islamic Center Serpong jam 11.00 WIB. Katanya berangkat ke Asram Haji Pondok Gede setelah bada dzuhur,” terangnya.

Dia juga mengatakan senang bisa berangkat ke Tanah Suci tahun ini. “Mudah-mudahan menjadi haji mabrur. Aamiin,” terangnya. 

Jemaah Haji Tangsel Terbagi Empat Kloter

Sementara itu, Humas Kemenag Kota Tangsel Azharul Fuad mengatakan jemaah haji asal Kota Tangsel terbagi dalam 4 kelompok terbang atau kloter.

Dia juga mengatakan awalnya jemaah haji asal Kota Tangsel dibagi dalam tiga kloter tapi kemudian dipecah lagi menjadi empat kloter.

“Jadi dua kloter terakhir jemaah haji Kota Tangsel digabung dengan jemaah dari daerah lain. Tapi masih kloter Provinsi Banten,” katanya juga.

“Kloter pertama itu yang berangkat berjumlah 383 jemaah lalu ditambah 10 orang petugas haji yang akan mendampingi,” terangnya juga.

Sedangkan kloter kedua jemaah haji Kota Tangsel akan berangkat pada 1 Juni 2023 dengan jumlah 383 jemaah serta didampingi 10 petugas.

Selanjutnya, kloter ketiga jemaah haji Kota Tangsel akan diberangkatkan pada tanggal 12 Juni dengan jumlah jemaah 182 orang disertai 7 petugas.

Terakhir, kloter ke empat jemaah haji Kota Tangsel akan diberangkatkan pada 13 Juni dengan jumlah 49 jemaah dan ditambah 9 orang petugas.

“Untuk kloter ketiga dan keempat ini akan digabung dengan calon jemaah dari daerah lain di Provinsi Banten. Kloternya masih satu provinsi yakni Provisi Banten,” papar Azharul Fuad juga.

Jadwal Keberangkatan Kloter Jemaah Haji Tangsel 

Kloter Pertama

  • Pemberangkatan : Kamis 25 Mei 2023
  • Jumlah Jemaah : 383 jemaah
  • Petugas Haji : 10 orang

Kloter Kedua

  • Pemberangkatan: Kamis 1 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 383 jemaah
  • Petugas Haji : 10 orang

Kloter Ketiga

  • Pemberangkatan : Senin 12 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 182 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 7 orang

Kloter Keempat

  • Waktu : Selasa 13 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 49 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 9 orang