TANGSELIFE.COM– Besok kloter pertama jemaah haji Kota Tangsel diberangkatkan, usia jemaah tertua 93 tahun.

Sebanyak 383 jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) itu secara resmi akan diberangkat pada Kamis 25 Mei 2023 pagi.

Pelepasan akan dilakukan oleh Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan akan dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Kloter Pertama Jemaah Haji Kota Tangsel
Sejumlah jemaah haji perempuan asal Kota Tangerang Selatan saat proses pelepasan yang digelar di Islamic Center, Serpong, Kota Tangsel pada 2022 lalu.

Acara pelepasan yang akan dikoordinir Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel itu akan digelar di Islamic Centre, Kecamatan Serpong.

Usai dilepas secara resmi, 383 jemaah haji asal Kota Tangsel itu akan berangkat menuju Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Di sana para jemaah haji itu akan menginap satu malam sambil mengecek kesehatan dan kelengkapan surat-surat serta mendapatkan sedikit bimbingan.

Humas Kemenag Kota Tangsel Azharul Fuad mengatakan kalau total jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini berjumlah 991 orang.

“Jadi ini meralat informasi sebelumnya kalau jemaah haji yang berangkat berjumlah 1.091 orang. Jadi angka pastinya itu berjumlah 991 orang,” terangnya, Rabu 24 Mei 2023.

Dia juga menambahkan kalau awalnya jemaah haji asal Kota Tangsel terbagi dalam 3 kelompok terbang atau kloter.

Tapi kemudian, dipecah menadi 4 kloter yang akan terbang ke Arab Saudi. “Jadi dua kloter terakhir jemaah haji Kota Tangsel digabung dengan jemaah dari daerah lain,” katanya juga.

Azharul Fuad juga memastikan keberangkatan kloter pertama haji Kota Tangsel akan dilepas langsung Wali Kota Tangsel pada Kamis 25 Mei 2023 besok.

“Kloter pertama itu yang berangkat berjumlah 383 jemaah lalu ditambah 10 orang petugas haji yang akan mendampingi,” terangnya juga.

Sedangkan kloter kedua jemaah haji Kota Tangsel akan berangkat pada 1 Juni 2023 dengan jumlah 383 jemaah serta didampingi 10 petugas.

Selanjutnya, kloter ketiga jemaah haji Kota Tangsel akan diberangkatkan pada tanggal 12 Juni dengan jumlah jemaah 182 orang disertai 7 petugas.

Terakhir, kloter ke empat jemaah haji Kota Tangsel akan diberangkatkan pada 13 Juni dengan jumlah 49 jemaah dan ditambah 9 orang petugas.

“Untuk kloter ketiga dan keempat ini akan digabung dengan calon jemaah dari daerah lain di Provinsi Banten. Kloternya masih satu provinsi yakni Provisi Banten,” papar Azharul Fuad juga.

Jemaah Termuda Kloter Pertama Haji Kota Tangsel

Humas Kemenag Kota Tangsel Azharul Fuad mengatakan total jemaah haji asal Kota Tangerang Selatan yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini berjumlah 991 orang.

Dari jumlah itu, diketahui ada satu jemaah berusia paling muda yang akan berangkat menunaikan kewajiban ke Tanah Suci yakni berusia 20 tahun. Sedangkan yang tertua berusia 93 tahun.

Untuk jemaah termuda bernama Muhammad Raken Alfayez yang berasal dari Kecamatan Serpong Utara.

Sedangkan untuk jemaah haji tertua Kota Tangsel berusia 93 tahun bernama Sani. Jemaah haji Kota Tangsel tertua itu berasal dari Kecamatan Pamulang.

Jadwal Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji Kota Tangsel

Kloter Pertama

  • Pemberangkatan : Kamis 25 Mei 2023
  • Jumlah Jemaah : 383 jemaah
  • Petugas Haji : 10 orang

Kloter Kedua

  • Pemberangkatan: Kamis 1 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 383 jemaah
  • Petugas Haji : 10 orang

Kloter Ketiga

  • Pemberangkatan : Senin 12 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 182 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 7 orang

Kloter Keempat

  • Waktu : Selasa 13 Juni 2023
  • Jumlah Jemaah : 49 jemaah (digabung dengan kloter lain)
  • Petugas Haji : 9 orang