TANGSELIFE.COM-Kuota jemaah haji Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2023/1444 Hijriah meningkat dari tahun sebelumnya. 

Untuk tahun ini, jemaah haji asal Kota Tangsel yang akan diberangkatkan berjumlah 1.091 orang atau meningkat nyaris 40 persen dari tahun sebelumnya. 

Untuk diketahui, pada tahun 2022/1443 Hijriah lalu, jemaah haji asal Kota Tangsel yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 662 orang. 

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel bakal memberangkatkan kloter pertama calon jemaah haji itu pada 25 Mei 2023 mendatang.  

“Benar bertambah. Tahun ini, jemaah haji Kota Tangsel berjumlah 1.091 orang,” terang Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Kota Tangsel Bahtera Yudha, Sabtu 13 Mei 2023.

Dia juga mengatakan jumlah 1.091 calon haji asal Kota Tangsel yang berangkat ke tanah suci tersebut berdasarkan kuota yang diberikan Kementerian Agama. 

Sebelum berangkat ke Arab Saudi, para calon jemaah haji akan mengikuti serangkaian persyaratan terutama masalah kesehatan dan bimbingan teknis manasik haji.

“Untuk bimbingan manasik tingkat Kota Tangsel dilaksanakan di MAN Insan Cendekia Serpong,” paparnya juga. 

Setelah itu baru para calon jemaah haji itu sudah mengikuti bimbingan teknis manasik haji tingkat kecamatan di tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel.

“Untuk bimbingan lanjutan, para calon jemaah haji akan mengikuti bintek manasik haji di masing-masing kecamatan tempat tinggalnya,” papar Yudha juga. 

Jemaah haji Kota Tangsel pertama Kota Tangsel masuk kelompok terbang (kloter) 10 tingkat Provinsi Banten.

Nantinya, kloter pertama jemaah haji Kota Tangsel akan diberangkatkan  sebanyak 393 orang ditambah 10 orang petugas haji pada 25 Mei 2023.