TANGSELIFE.COM – Jelang arus balik lebaran, Korlantas Polri sebut ada empat titik rawan kecelakaan di ruas Tol Trans Jawa.

Pemetaan dilakukan tersebar dari ruas tol dari Surabaya hingga Jakarta, agar para pemudik yang akan balik lebih waspada.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, mengatakan, titik rawan kecelakaan di Tol Trans Jawa ini harus menjadi perhatian para pemudik.

“Kami sudah mendapatkan data atau pemetaan titik rawan kecelakaan, mulai dari Surabaya menuju Jakarta,” ungkap Aan, Jumat, 12 April 2024.

Titik Rawan Tol Trans Jawa

Ada pun, dari hasil pemetaan yang dilakukan, titik rawan tersebut di antaranya, di jalan Tol Trans Jawa dimulai dari Km 570, Km 429, dan Km 370 sampai Km 360.

Lebih lanjut Aan menjelaskan, pada titik itu, biasanya para pemudik mulai mengalami kelelahan saat berkendara dari timur ke barat.

“Ini menjadi titik trouble spot karena sering kejadian kecelakaan tunggal,” ungkapnya.

Untuk rest area berpotensi menjadi titik rawan kemacetan. “Kemudian, di rest area juga pasti, kemudian kendaraan yang parkir di bahu jalan juga masih jadi perlambatan,” paparnya.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga menyampaikan, titik rawan yang diantisipasi saat arus balik adalah ketika memasuki daerah Semarang dan akses masuk Jakarta.

“Pada titik ini tempat perjumpaan banyak jalan. Oleh karena itu, dia mengimbau para pengendara mengambil opsi istirahat keluar di Cirebon atau Tegal,” ujar Menhub.

Dia pun mengingatkan, kendaran pribadi harus hati-hati di situ. Kalau lelah berhenti, masuk ke Cirebon atau Tegal dan sebagainya.

“Yang kendaraan umum juga demikian harus memikirkan keselamatan dari penumpang,” pungkasnya.

 

 

Sopiyan
Editor