TANGSELIFE.COM – Ribuan buruh bakal menggelar aksi May Day atau Hari Buruh Internasional di depan Istana Negara, Jakarta pada 1 Mei 2024.

Aksi May Day itu rencanannya bakal diikuti sebanyak 50.000 buruh dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Aksi May Day itu diungkapkan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan, aksi itu bakal dilakukan pada pukul 09.30 WIB.

Said menerangkan, nantinya massa aksi buruh itu bakal long march dari Istana ke Senayan.

“Pada pukul 12.30 WIB massa aksi 50.000 buruh bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” terang Iqbal dalam keterangan persnya.

Said menjelaskan, aksi May Day itu juga akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Diklaim, akan ada ratusan buruh yang gelar aksi di Hari Buruh Internasional itu.

Aksi May Day di Seluruh Indonesia

Aksi May Day itu akan dilaksanakan serentak di Bandung, Serang, Semarang, Surabaya, Jogja, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang, Padang, Bengkulu, dan Pekanbaru.

Tak hanya itu, May Day itu juga bakal dilakukan buruh di Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, dan Tolikara.

Dalam aksi May Day itu, ratusan ribu buruh di Indonesia akan menyampaikan dua tuntutan. Pertama, yakni mendesak pemerintah mencabut Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Kedua, hapus outsourcing tolak upah murah (Hostum).

Tak hanya itu, Said Iqbal itu meminta agar Presiden terpilih Prabowo Subianto memperhatikan dua isu tersebut.

Wivyh
Editor
Wivyh
Reporter