TANGSELIFE.COM – Kabar terbaru dari musibah kebakaran TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang, Minggu (22/10/2023).

Saat ini, memasuki hari ke-3 kebakaran, kobaran api di tumpukan sampah di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang dikabarkan berhasil dipadamkan.

Diketahui TPA Rawa Kucing Kota Tangerang itu terbakar pada Jumat (20/10/2023) seria pukul 14.00 WIB, berlanjut pinga 3 hari pada Mingau (22/10/2023).

Berikut ini 7 fakta terkini kebakaran di TPA Rawa Kucing:

  1. Penyebab Kebakaran TPA Diduga Cuaca Panas

Kerala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan menyebut, kebakaran hebat di TPA Rawa Kucing itu diduga karena panas esktrem yang sedang terjadi.

Akibatnya membakar tumpukan sampah yang mudah terbakar dan diperparah dengan kandungan gas metan yang berada di bawah gunung sampah.

“Penyebab karena panas, jadi sampah mudah terbakar,” katanya.

  1. Kebekaran TPA Rawa Kucing Berhasil Dipadamkan

Hingga hari ke-3, Minggu (22/10/2023) petugas dari BPBD Kota Tangerang masih berjibaku di lokasi kebakaran TPA Rawa Kucing Kota Tangerang. 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pemerintah Kota Tangerang Mualim menyebut, kondisi siang ini api berhasil dipadamkan.

“TPA Rawa Kucing tadi kita ke atas, asapnya masih ada cuman apinya udah nggak ada. Cuman kita khawatir makin siang angin dan cuaca memicu eskalasi timbulnya api lagi,” kata Mualim saat dikonfirmasi, Minggu (22/10/2023).

  1. Kebakaran Hanguskan 80 Persen Area TPA Rawa Kucing Tangerang

Mualim menyebut, kebakaran yang terjadi hingga 3 hari itu menghanguskan sekira 70-80 persen dari luas lahan TPA Rawa Kucing 34 hektare.

“Area TPA yang terbakar saat ini perkiraan 70-80 persen dari total luas TPA,” ungkapnya.

TPA Rawa Kucing
Kebakaran yang terjadi di TPA Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang terjadi sejak pukul 14.00 WIB Jumat, 20 Oktober 2023.
  1. Akibat Kebakaran TPA Rawa Kucing Tangerang Ratusan Warga Dievakuasi

Memasuki hari ke-3, kobaran api di TPA Rawa Kucing berhasil dikendalikan. Warga yang tinggal diradius terdekat dengan TPA pun sudah dievakuasi.

“Warga radius 15 meter udah dievakuasi. Kita sediakan lokasi pengungsian, total 125 warga yang dievakuasi,” papar Mualim.

  1. Ada Kebakaran di TPA Rawa Kucing, Banyak Pemulung Nekat

Di tengah petugas berjibaku memadamkan kobaran api, Mualim menyebut masih ada beberapa pemulung yang nekat naik ke gunungan sampan di TPA yang terbakar.

Padahal, nyawa menjadi taruhan akibat adanya kebakaran di TPA Rawa Kucing Tangerang itu.

  1. Akibat Kebakaran TPA 2 Pejabat dan Puluhan Petugas Tumbang

Mualim menyebut, akibat kabakaran tersebut 2 orang pejabat dan beberapa petugas tumbang akibat menghirup asap sampah yang terbakar.

“Petugas ada beberapa yang tumbang. Ada Kepala Dinas LH dan Kabid Damkar sampe dibawa ke rumah sakit. Tapi udah sehat lagi, udah ke medan tempur lagi,” sebut Mualim.

  1. 15 Ambulance Bersiaga di Lokasi Kebakaran TPA Rawa Kucing

Tim medis pun disiagakan di lokasi TPA Rawa Kucing yang kebakaran hebat. Sedikitnya, ada 15 unit ambulance yang dikerahkan di lokasi.

Ambulance yang dilengkapi alat medis serta oksigen itu untuk keselamatan petugas yang berjibaku memadamkan api di gunung sampah TPA Rawa Kucing, Tangerang.

Saat ini, petugas gabungan masih bersiaga di TPA Rawa Kucing. Mereka matig menunggu bantuan pesawat water bombing dari BNPB Nasional.

Mualim menyebut, water bombing itu diperkirakan bakat tiba di TPA Rawa Kucing sore nanti. Kini area udara pun tengah disterilkan dari drone yang terbang di lokasi kebakaran.

Mualim menghimbau, warga yang berada di radius 500 meter mulai mengungsi ke pengungsian yang telah disiapkan oleh Pemkot Tangerang.

Mari kita doakan bersama agar musibah kebakaran di TPA Rawa Kucing berhasil ditangani dan segera selesai. Semoga tak ada korban akibat musibah kebakaran di gunung sampah itu.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife