TANGSELIFE.COM – Sebanyak 7 partai politik (parpol) menyatakan dukungannya terhadap pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten.

Sebelumnya, Andra Soni-Dimyati resmi diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kemudian dalam perkembangannya menyusul Partai Nasdem, PSI, PKB, PAN, dan PPP.

Dukungan itu membuat Andra Soni-Dimyati sudah memenuhi syarat minimal maju sebagai calon di Pilgub Banten 2024. Sesuai pasal 40 ayat (1) Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 syarat minimal untuk mengusung pasangan calon di Pilgub Banten adalah 20 kursi.

Andra Soni resmi diusung Partai Gerindra melalui Surat Keputusan (SK) Ketua Umum Prabowo Subianto yang diserahkan langsung oleh Sekretarus Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem telah mengeluarkan surat rekomendasi dukungan kepada Andra Soni-Dimyati yang diserahkan Sekretaris Bappilu, Willy Aditya, kepada pasangan Andra Soni-Dimyati di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa 9 Juli 2024.

Hadir dalam penyerahan surat rekomendasi itu adalah Jakfar Sidik, Fauzi Amro, Dedy Ramanta; dan Ketua DPW NasDem Banten, Wahidin Halim.

“Alhamdulillah saya dan pak Dimyati telah menerima surat rekomendasi dari DPP Partai NasDem. Insyaallah kami akan menjalankan amanah untuk maju sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Provinsi Banten,” kata Andra Soni dalam keterangan tertulis.

Nama bakal calon lain yang muncul dalam pentas politik Banten ini adalah Hj Airin Rachmi Diany (mantan Wali Kota Tangerang Selatan)-Ade Sumardi yang didukung Partai Golkar dan PDI Perjuangan.

Secara terpisah, Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri mengatakan, parpolnya percaya Andra Soni-Dimyati mampu memenangi Pilgub Banten 2024. Pihaknya punya strategi tersendiri untuk memenangi Pilgub Banten 2024.

Apalagi, Dimyati memiliki akar rumput yang kuar di Banten. “Kalau nggak percaya diri ngapain nyalonin?” ujar Ahmad Mabruri, kepada wartawan, Kamis 11 Jui 2024.

Profil Andra Soni-Dimyati, Bakal Calon di Pilgub Banten 2024

Nama Andra Soni-Dimyati mencuat saat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Pasangan ini menarik perhatian karena akan berhadapan dengan pasangan bakal calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

Selama ini, Andra Soni dikenal sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten menggantikan Desmond Junaidi Mahesa yang wafat 24 Juni 2023 lalu.

Sementara Dimyati selama ini dikenal sebagai mantan Bupati Pandeglang dan anggota DPR RI.

Namun bagaimana biodata dan profil Andra Soni? berikut Tangselife mengulasnya dari berbagai sumber.

Andra Soni lahir di Payakumbuh, Sumatera Barat pada 12 Agustus 1976. Dia menempuh pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta dan Bandung.

Kemudian Andra Soni melanjutkan studinya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) di Banten dan program pascasarjana di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jurusan Administrasi Publik tahun 2023.

Perjalanan kariernya diawali saat dirinya menjadi buruh di PT Pura Kentjana Jakarta pada 1995 berlanjut hingga direktur PT antaran Sukses Expres pada 2004 hingga 2007.

Baru pada 2014, Andra Soni berkecimpung di dunia politik dengan menjabat sebagai anggota DPRD Banten dari Fraksi Gerindra hingga akhirya menjadi Sekretaris Gerindra DPD Banten untuk mendampingi Desmond Junaidi Mahesa (wafat 24 Juni 2023).

Karier politik Andra mulai terlihat saat terpilih menjadi anggota DPRD Banten di Pemilu 2014. Sepak terjang Andra berlanjut dengan kembali terpilih menjadi anggota DPRD Banten pada Pemilu 2019. Ia pun juga menjabat sebagai Ketua DPRD Banten hingga saat ini untuk menggantikan Desmond yang wafat pada 24 Juni 2023.

Sementara Achmad Dimyati Natakusumah merupakan pria kelahiran Tangerang, Banten, 17 September 1966. Dimyati masuk sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Pandeglang.

Usai lulus dari SMAN 1 Pandeglang tahun 1985, Dimyati melanjutkan studinya di University of Western Australia pada tahun 1988. Dimyati lalu melanjutkan studi ilmu hukum di Universitas Indonesia Esa Unggul dan lulus tahun 2024.

Tak sampai di situ, Dimyati menempuh studi hukum di Universitas Padjajaran dengan meraih gelar magister di tahun 2007 dan doktoral di tahun 2012.

Karier politik Dimyati dimulai dengan menjadi Bupati Pandeglang melalui PPP selama dua periode dari tahun 2000-2009 kemudian menjadi anggota DPR RI periode yaitu 2009-2014 dan 2014-2019. Dimyati kemudian pindah dari PPP ke ke PKS pada tahun 2017.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Tangselife
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Tangselife
Follow